Pembentukan Provinsi Flores Masih Terkatung-Katung

oleh -145 views

images(44)Indotimnews.com– Rencana pembentukan Provinsi Flores yang terpisah dari Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga saat ini masih terkatung-katung. Pasalnya, rencana itu masih terhambat dengan penetapan lokasi ibu kota yang diperebutkan kabupaten di daratan Flores.

“Sampai sekarang para Bupati di daratan Flores masih ributkan soal lokasi ibu kota,” kata Kepala Biro Tata Pemerintahan Silvester Banfatin kepada wartawan, Kamis, 5 Februari 2015.

Hingga saat ini, menurut dia, belum ada usulan dari panitia pembentukan provinsi Flores ke DPRD atau pemerintah Provinsi NTT untuk ditindaklanjuti terbentuknya provinsi tersebut. “Belum ada usulan, masih berkutat di daratan Flores,” katanya.

Karena itu, dia mengatakan, pemerintah provinsi akan membentuk tim yang akan dibagikan dalam tiga zona untuk melakukan kajian lokasi ibu kota dan persyaratan lain sesuai ketentuan undang-undang. “Kalau per kabupaten butuh anggaran yang cukup besar, sehingga dibagi dalam tiga zona,” katanya.

Pemerintah Provinsi NTT, lanjutnya, telah menyiapkan dana untuk melakukan kajian. Dari total anggaran Rp 1 miliar untuk pemekaran wilayah, akan dialokasi setengah untuk rencana pembentukan provinsi Flores. “Kalau diusulkan kami siap untuk terus ke pemerintah pusat untuk ditetapkan,” katanya.

Wakil Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas mengatakan masalah lokasi ibu kota Provinsi Flores ini memang menjadi penghambat pembentukan provinsi Flores. Bagaimana tidak, sembilan kabupaten di daratan Flores menginginkan agar lokasi ibu kota berada di kabupaten mereka. “Belum ada kesepakatan lokasi ibu kotanya,” kata Agas.

Karena itu, dia menyarankan agar lokasi ibu kota di tempatkan di kabupaten di daratan Flores yang masih memiliki lahan kosong seluas 100 hektare (ha) untuk pengembangan ibu kota. Lokasi itu, menurut dia, hanya berada di tiga kabupaten yakni Nagekeo serta perbatasan Manggarai Timur dan Ngada. “Harus ada Bupati yang berani bahwa kami miliki lahan 100 ha untuk bangun ibu kota,” katanya. (nttterkini)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.