Pemerintah Indonesia Perkuat Ekonomi Asean di Tahun 2015

oleh -263 views

Joko Agung Aryadi saat di wwcarai bersam media di Makassar

Makassar, — Pemerintah Indonesia memutuskan untuk mempercepat pembentukan Asean Ekonomic Comunity (AEC) menjadi tahun 2015. Staff ahli Kementerian Komunikasi dan Informasi (KemenKominfo) Bidang Sosial Budaya Djoko Agung Aryadi mengatakan percepatan AEC tersebut dalam rangka memperkuat daya saing Indonesia di ASEAN dalam menghadapi kompetisi global seperti India dan Cina.

Menurutnya sejak awal pembentukan, ASEAN secara intensif menyepakati berbagai kesepakatan dalam bidang ekonomi. Hal ini diawali dengan kesepakatan Preferential Tarif Arrangement (PTA) pada tahun 1977. Termasuk diantaranya pembentukan ASEAN ekonomic effective Preferential, ASEAN Free Trade Area pada tahun 1992.

“Dengan adanya kesepakatan-kesepakatan ini, maka Indonesia sebagai bagian dari ASEAN harus siap menghadapi kondisi ini.” Ungkapkan Djoko saat menyampaikan sambutannya dalam seminar One Asean di hotel Clarion Makassar, Rabu (5/11/14).

Dia menegaskan bahwa negara-negara ASEAN sudah memiliki pedoman dalam menghadapi Asean Ekonomic Comunity (AEC) 2015m seperti ACE blueprint.

AEC blueprint, imnbuh Djoko diantaranya memuat empat pilar utama, yakni ASEAN sebagai pasar tunggal dan berbasis produksi tunggal yang didukung dengan elemen aliran bebas barang, jasa investigasi dan tenaga kerja terdidik dan aliran modal yang lebih bebas.(RG/ZL)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.