Pemilik Ranmor Apresiasi Pelayanan Prima Sistem ERI di Samsat Makassar

oleh -197 views

MAKASSAR– Pihak Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sulsel melalui Kantor Manunggal Satu Atap (Samsat) Makassar, sudah menerapkan pelayanan dengan sistem ERI (Electronic regident).

Tentunya, pelayanan ini merupakan a sistem pendataan di bidang registrasi dan identifikasi secara electronik yang dikerjakan pada bagian BPKB sebagai landasan legitimasi keabsahan kepemilikan+asa usul kendaraan bermotor.

Legitimasi keabsahan asal-usul kendaraan bermotor memang bukan hanya ditangani pihak kepolisian saja tetapi berkaitan dengan Bea Cukai, Departemen Perindustrian, Departemen Perhubungan dan dealer. Namun untuk mendapatkan legitimasi diperlukan catatan kepolisian dengan verifikasi dokumen + cek fisik kendaraan bermotor.

Nah, sejumlah warga pemilik kendaraan bermotor (Ranmor) yang melakukan proses pengurusan registrasi identifikasi (regident) kendaraan per lima tahunan, mengapresiasi penerapan ERI tersebut.

Hijrah Hadriana pemilk ranmor roda empat (mobil) saat dimintai komentar terkait penerapan sisten ERI di Kantir Samsat Wilayah I Makassar, Jalan A. Mappanyukki mengaku, selain penerapan ERI sebagai wujud maksimalisasi pelayanan, verifikasi atau regident yang dilakukan pijak Ditlantas Polda Sulsel juga menjamin kemanan kepemilikan kendaraannya.

“Kami terlayani lebih maksimal lagi dari tahin sebelumnya dengan sistem ERI yamg merupakan inovasi untuk mempermudah pelayanan Samsat kepada masyarakat dengan berbagai keunggulan yang didukung oleh tehnologi yang ada,” ucap Hijrah Hadriana, yang juga salahsatu mahasiswi perguruan tinggi swasta di Makassar, Selasa (4/1).

Sementara itu, Kasi STNK Ditlantas Polda Sulsel, Kompol Aryo Wibowo Sik, membenarkan, bahwa di Kantor Samsat Makassar sudah dilakukan penerapan sistem ERI

Diketahui pula kedepan, dari ERI ini dapat dikembangkan menjadi program-program pembatasan pengoperasionalan kenderaan bermotor sepeti ERP: electronic road pricing, ETC: electronic toll collect, e-parking, e-banking (bisa menerobos/memangkas birokrasi Samsat) dan ELE: electronic law enforcement. (Zulkifli)

loading...
loading...