Pemkot Gelar Rakornas Antisipasi Gejolak Sosial

oleh -287 views

images(373)-1Makassar,–Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, melalui badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), menggelar rapat koordinasi (rakor) untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di kota Makassar.

Rakor tersebut dilaksanakan di Ruang Pola kantor Walikota Makassar, Sabtu, 6 Desember 2014, diikuti 5 lembaga yang melekat pada badan Kesbangpol sesuai Peraturan Menteri Dalam negeri (Permendagri).

Antara lain, Komunitas Intelejen Daerah (KOMINDA), Forum Kerukunan Umat Beragam (FKUB-), Forum Pembauran Kebangsaan (FKB-), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Pengawasan Orang Asing (POA).

Kepala Badan Kesbangpol Makassar, Ferdy Amin, mengatakan, Rakor dilaksanakan berdasar atas surat dari Menteri dalam negeri (Mendagri) yang memerintahkan agar setiap Pemerintah daerah mengantisipasi terjadinya gejolak sosial dengan melakukan pengawasan serta pengamanan atas dampak kenaikan bahan bakar minyak (bbm).

“Kelima Forum yang hadir dibawah koordinasi badan kesbangpol Makassar dan koordinasi yang dilaksanakan ini untuk mengantisipasi gejolak sosial pasca kenaikan bbm dan juga melakukan pengawasan terhadap penimbunan bbm bersubsidi,” kata Ferdy.

Menurut mantan Camat Tamalate ini, untuk menciptakan Kantibmas, dibutuhkan peran serta semua pihak, baik Pemerintah, Kepolisian, TNi maupun masyarakat.
“Kita tentunya menghidari terjadinya provokasi yang mengakibatkan gejolak sosial, maka untuk mengantisipasi perlu dukungan semua pihak terkhusus peran serta masyarakat,” ungkap Ferdy yang juga merupakan ketua POA.

Hadir dalam Rakor tersebut, Kepala Satuan Intekam Polrestabes Makassar, Kompol Satria, Akademisi, Prof. Arifuddin, anggota DPRD kota Makassar, Rahman Pina dan H. Yunus.(sak)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.