Pemkot Makassar Bakal Menata PDAM Secara Smart Water.

oleh -758 views

IMG_20140809_162637-1Makassar– HUT Ke-39 Perusahaan daerah air minum (PDAM) Kota Makassar,akan dipoles dengan baik mulai dari sistem manajemennya hingga sampai penyuplainya dengan sistem alat kontrol moderen.

Pemrintah Kota Makassar merencanakan dengan menata PDAM Secara Smart Water.

Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menjelaskan, bahwa semua PDAM dimanapun itu, bukan ditentukan berapa banyaknya debit air yang disuplai namun yang perlu diketahui itu, berapa banyak kebocoran.

“Saat ini kebocoran PDAM Kota Makassar kata Danny ada sekitar 40 persen,hal ini disebabkan dengan adanya berbagai hal seperti cacat administrasi,cacat pada instalasinya selain itu cacat pada meterannya dan lain sebagainya,”katanya

Lebih lanjut Danny menuturkan, jika pihaknya akan merencanakan saat ini dengan sistem Smart Water yang bisa mengontrol air yang mulai dari instalasi yang keluar, sampai pada penyuplaian kerumah-rumah warga.

“Jadi saat ingin melaksanakan smart water itu kita akan fungsikan pipa I,dan apakah itu melalui PT,atau dari pihak pemerintah kota sendiri, atau pihak pemkot memberi peluang membuka kepada investor pada sistem ini, ini juga jelas Danny kita lihat juga analisis dari pihak PDAM,”ungkapnya

Untuk menerapkan sistem Smart Water Danny meminta saat ini pada pihak singapur ,dan PDAM harus mempersiapkan diri.

“Nah saat ini pemkot akan memilih dalam menerapkan Smart Water, apakah itu pada PDAM atau pihak investor,atau dilakukan tender terbuka,”terangnya

Adapun sistem Smart Water ini jelas dia tentunya melalui bak kontainer yang akan menyuplai, sehingga dapat diketahui seberapa banyak penggunaannya,baik itu pada perusahaan seperti hotel dan industri lainnya.

Selain itu kata Danny sistem Drijin water (air lorong) yang akan disuplai ke lorong-lorong yang harganya itu bersubsidi beda dengan yang lainnya.

“Jadi dengan adanya program air lorong nanti masyarakat akan lebih pilih lagi untuk tinggal di lorong-lorong,”ujar Danny dengan nada canda

Sementara itu Direktur utama, Hamzah Ahmad,SE,MSA,AK,CA kepada wartawan menjelaskan jumlah daftar tunggu pelanggang PDAM saat ini sebanyak 60.000.

“Kami mencoba untuk meningkatkan kapasitas produksi dari istalasi yang ada, selain itu juga pihaknya telah kerja sama atas usaha yang dikelola pada PDAM sendiri.”ungkapnya

Selain itu, Hamzah akan memaksimalkan kapasitas jaringan,mulai dari distribusinya,lalu bagaimana pada pipa induk bisa sampai kepada pelanggang.

“Sekarang ini penggunaan air 3000 liter perdetik dan idealnya pada tingkat kebutuhan masyarakat itu sudah mencapai 5000 liter perdetik,sementara yang menjadi kendala itu hanya ketersediaan anggaran,”katanya

Dia menambahkan jika PDAM 3 tahun ini memiliki laba kurang lebih 75 Milyar kemudian beban hutang 300 Milyar hutang 300 Milyar tersebut sebelum Hamzah masuk di PDAM.

“Alhamdulillah sejak kepimimpinan saya Hutang PDAM itu terbayar hingga lebih 100 Milyar,sementara target dalam perbualannya dalam lKP itu 21 Milyar,dan PDAM sudah bisa mencapai hingga 23 Milyar perbulannya

Ditahun 2013 sendiri jelas Hamzah PDAM telah menyetorkan PAD pada pemkot sebesar 5 Milyar

“Kami berupaya ditahun 2014 ini,mbisa berkontribusi ke PAD pemkot diatas dari 5 Milyar,”jelasnya

Adapula tindakan yang kami lakukan pada internal PDAM yang perlu diketahui kata Hamza,pihaknya ketika menerima informasi dari tim lapangan, ia mengaku turun lansung kelokasi,apalagi menemukan dengan adanya tarif yang lebih tinggi.

“Hal ini kami lakukan agar anggota dibawah tidak lagi bermain-main dalam penegakan aturan itu,”tegasnya

Dia menambahkan jika pihaknya selama ini juga telah memberikan sanksi kepada pegawai PDAM yang melanggar sebanyak 28 orang akibat dalam penyalagunaan kewenangan ,ilegal koneksion,serta adanya kerja sama dengan pihak lain.

“Untuk menjauhkan semua tindakan yang dapat merugikan perusahaan PDAM, jelas Hamzah.Ia juga akan mencoba melakukan pendekatan-pendekatan kepada seluruh pegawai, disamping itu juga pihaknya akan memberi kegiatan kerohanian kepada para pegawai agar mereka bisa terhindar dari pelanggaran aturan.

Bukan sekedar itu saja Hamzah juga akan memberi bonus bagi para pegawai yang dinilai kinerjanya cukup baik,”kunci Hamzah (sak)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.