Peningkatan Komuditi Padi di Sulbar Perlu Dukungan Irigasi

oleh -190 views

images(396)-1Mamuju– Saluran irigasi pertanian yang ada di sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Barat butuh perbaikan untuk mendukung peningkatan produksi komoditi padi yang ditargetkan mencapai satu juta ton.

“Pemerintah di Sulbar mentargetkan produksi satu juta ton, itu akan dicapai bila irigasi yang menjadi sumber pengairan pertanian padi diperbaiki,” kata Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan, pemerintah di Sulbar mencatat jaringan irigasi yang mengairi sebanyak 12 ribu hektare tanaman padi yang tersebar di seluruh kabupaten di Sulbar dalam kondisi rusak dan butuh perbaikan.

Menurut dia, buruknya saluran irigasi di Sulbar menjadi penghambat Sulbar meningkatkan produksi pertaniannya agar terus meningkat.

Oleh karena itu, ia berharap agar pemerintah ditingkat pusat dapat membantu pemerintah di Sulbar membangun infrastruktur pertaniannya dengan mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki irigasi Sulbar yang butuh perbaikan.

Ia mengatakan, cetak sawah di Sulbar perlu dilakukan untuk meningkatkan luas areal pertanaman padi dan untuk meningkatkan produksinya.

“Pemerintah pusat sudah setuju akan mengalokasikan anggaran untuk cetak sawah pada 2015 dan itu akan memperkuat ketahanan pangan yang ada di Sulbar dan untuk menjadikan Sulbar sebagai daerah swasembada beras,” katanya.

Menurut dia, cetak sawah di Sulbar telah dirumuskan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Provinsi Sulbar.

Padi di Sulbar produksinya mencapai 364 ribu ton pertahun dengan luas mencapai 64 ribu hektare.

“Pemerintah berharap produksi padi di Sulbar mendatang dapat mencapai satu juta ton untuk mendukung produksi beras nasional,” katanya.
(Antaranews)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.