Penurunan DAK Capai 50%, Fraksi Demokrat Ragukan Kinerja Pemkot Tikep

oleh -180 views

Indotimnews– Adanya penurunan DAK bagi Pemerintah Kota Tidore kepulauan senilai Rp. 82.445.265.000 dari nilai sebelumnya yang mencapai Rp. 162.742.141.001 menjadi Rp. 82.445.265.000 untuk tahun 2017 mendapat sorotan serius dari Fraksi Partai Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Kota Tidore Kepulauan.

Kepada Indotimnews.com Ridwan Moh. Yamin ketua Fraksi Demokrat mengatakan terjadinya penurunan DAK tersebut menjadi tanda tanya bagi Pemerintah Kota Tidore Kepulauan. Karena pengalokasian DAK kepada daerah tertentu jelas memenuhi kriteria Umum, Khusus dan Teknis.

Dimana dia menjelaskan untuk Kriteria umum yaitu kemampuan keuangan daerah total penerimaan APBD setelah dikurangi belanja gaji PNS. Apabila daerah memiliki kemampuan keuangan daerah terbatas untuk mendanai kebutuhan-kebutuhan urgen pembangunan daerah, namun kegiatannya sejalan dengan priotitas nasional.

Sementara untuk Kriteria khusus kata dia itu mempertimbangkan kekhususan daerah dan karakteristik suatu daerah sebagai prioritas alokasi DAK. Kekhususan daerah yaitu karena UU khusus. Sedangkan karakteristik daerah mempertimbangkan wilayah, seperti, daerah pesisir dan kepulauan, daerah perbatasan, daerah tertinggal dan daerah rawan bencana. Dan untuk Kriteria teknis yang ditetapkan dengan indikator-indikator tertentu pada sektor, pendidikan, kesehatan, infrastrukur, kelautan, perikanan dan pertanian. Sehingga jika dilihat berdasarkan tiga indikator kriteria tersebut dia menilai sangat tidak wajar jika tidore mengalami penurunan DAK yang begitu drastis.

“kalau dilihat berdasarkan tiga kriteria itu maka tidore jelas memenuhi tiga kriteria tersebut, sehingga sangat tidak wajar kalau DAK Kota Tidore Kepulauan mengalami penurunan yang drastis sementara daerah lain mengalami kenaikan”. Pungkasnya.

Olehnya itu ia mempertanyakan kinerja pemerintah daerah yang akan meningkatkan anggaran pada tahun 2017 mendatang sebab dalam pandangan dia, kalau memang benar adanya peningkatan tersebut maka dengan predikat WTP tahun 2016 Kota Tidore Kepulauan bisa mendapat dana stimulus diatas 40 milyar pada tahun 2017. Karena berdasar kinerja yg baik. Tapi kenyataannya tidak.

“Saya berharap kedepan Pemerintah dan DPRD harus lebih bersinergi dan memanfaatkan semua potensi yang ada, baik secara formal, informal dan jalur politik. Sehingga hal ini tidak terjadi pada tahun anggaran berikut”. Imbuhnya.

Laporan : Ute

loading...
loading...