Pesta Kanal di Warnai Lomba Perahu Dayung

oleh -388 views

images(277)-1Makassar– Kanal di Rappocini kini sudah dapat digunakan sebagai lokasi lomba dayung oleh warga.

Tidak hanya itu, beberapa kegiatan lain, seperti lomba mancing ikan lele dan lomba pukul bantal bagi anak-anak, juga ikut mewarnai acara pesta kanal dalam memperingati hari ulang tahun (hut) ke 407 kota Makassar, Sabtu 8 November 2014.

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Peternakan dan Pertanian (DKP3), Rahman Bando, mengatakan, pesta kanal ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan tanpa menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) kota Makassar.

Seluruh pembiayaan merupakan bantuan dari simpatisan dan partisipasi masyarakat sekitar kanal.Sepanjang Dua Kilometer, kanal yang terbentang dari Jl.Monginsidi baru hingga melewati Jl. Rappocini, disulap menjadi kanal bersih, dengan cat warna hijau dibagian sisinya.

Sejumlah kuliner khas makassar juga disuguhkan di lokasi tersebut.”Pesta kanal ini dilaksanakan sepenuhnya atas partisipasi masyarakat dan sejumlah simpatisan, baik itu pengecatan tembok kanal dan kebersihannya” ujar Rahman Bando, Sabtu (8/11/2014).

Pesta kanal ini juga dimamfaatkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran yang lokasinya tidak jauh dari kegiatan pesta kanal.

Bantuan itu berupa, 1 ton beras, kartu tanda penduduk (ktp) gratis bagi korban kebakaran, sunatan gratis dan bantuan dua unit Fukuda (motor sampah).

“Pak Walikota juga memberikan bantuan seng dan balok bagi korban kebakaran, agar bisa digunakan membangun kembali rumah mereka,” ungkap Rahman Bando.

Lebih lanjut, Rahman Bando, menambahkan, pihaknya akan terus melakukan kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat disepanjang kanal di Makassar.

“Semakin banyak kegiatan di laksanakan di sekitar kanal, maka akan timbul kesadaran warga untuk menjaga kebersihan lingkungan mereka, kanal menjadi semakin bersih” pukasnya.

Sementara itu, Walikota Makassar, Danny Pomanto, memberi apresiasi kepada masyarakat atas terselenggaranya pesta kanal. Jika seluruh masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kebersihan kanal, maka kedepannya kanal akan menjadi salah satu sumber penghasilan ekonomi bagi warga.

“Kanal yang bersih bisa dijadikan sistem transportasi, lokasi pariwisata, tempat memancing yang dapat mendatangkan keuntungan bagi warga yang berdomnisili di sekitar kanal,” kata mantan arsitek tata ruang ini.

Danny mengaku, saat ini dirinya tengah berupaya untuk meminta bantuan dari Pemerintah Pusat untuk melakukan pengerukan dan pendalaman kanal di Makassar.

Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal dan sejumlah pejabat Pemkot hadir diacara itu, bahkan ribuan warga yang tidak hanya berdomisili di bantaran kanal juga turut hadir. Suguhan kuliner gratis yang disajikan warga menjadi rebutan setiap orang yang hadir.(sak/cundin)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.