Prof. Venny Hadju ; Saat ini orang miskin terserang jantung capai 53%

oleh -263 views

Indotimnews– Terkait dengan penyakit jantung bukan saja jalangan atas atau orang yang menjadi penderita.

Pakar kesehatan dari Unhas Prof.Dr.dr. Venny Hadju menjelaskan, banyaknya masyarakat miskin juga jadi penderita yang disebabkan konsumsi makanan yang berlebihan.

“Penyakit jantung paling rentang diderita masyarakat ekonomi menengah kebawah, misalnya mereka terlalu banyak mengkomsumsi gula dan sejenisnya,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa Dari pola kematian yang ada maka sebelumya sekitar 60% meninggal karena penyakit menular. Namun pola kehidupan berubah dimana kematian banyak disebabkan oleh penyakit tidak menular yang tidak menginvenksi yang mencapai 73% diantaranya karena jantung.

“Penyakit jantung banyak pada orang miskin,dimana strata sosial, ini banyak yang terkena penyakit ini yang mencapai 53%. Karena mereka tidak memahami kadar pada makanan yang mereka konsumsi. Termasuk kadar gula yang dikonsumsi oleh masyarakat bawah, yang tidak memiliki takaran yang tidak jelas,” jelasnya.

“Saat ini masyarakat perlu diedukasi terhadap apa saja yang dikonsumsi,sehimgga bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit yang mematikan,” Ungkap Prof Dr.dr. H.Veny, saat tampil dalam bincang sehat bersama CNI di hotel Horison Makasssr Sabtu (14/1/17).

Menurutnya, penyakit mematikan yang tidak menular seperti jantung,stroke dan gula penyakit lainnya saat ini menjadi penyebab kematian tertinggi saat ini.

“Penyakit ini banyak didapatkan pada asupan natrium atau garam. Dimana makanan ini banyak didapat pada makanan kalengan atau yang mengandung bahan pengawet dan pewarna,” ucapnya.

Selain melihat asupan yang ada papar Vny, cara makanan juga harus diperhatikan saat makan, terutama takaran dan porsinya.

“Untuk mencegah penyakit maka harus memperhatikan kadar apa saja yang dikonsumsinya,” puingkasnya.

Laporan: Udin

loading...
loading...