Program DIA Resmi Masuk RPJMD Makassar

oleh -548 views

IMG_20140823_135037-1Makassar– Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2014-2019, di Hotel Horizon, Jumat, 22 Agustus 2014.

Musrembang ini dilaksanakan untuk membahas dan menyepakati rancangan seluruh program Pemkot yang selaras dengan Visi Misi Walikota Danny-Ical (DIA) dalam kurun waktu lima tahun kedepan.

Walikota Makassar, Danny Pomanto, mengemukakan, Musrembang ini sangat penting dan strategis diselenggarakan, karena merupakan tahapan dalam penyempurnaan penyusunan program RPJMD hingga tahun 2019.

“Rencana program jangka menengah kedepan, tentunya harus sesuai dengan visi mewujudkan makassar kota dunia yang nyaman untuk semua,”ujar Danny

Dalam sambutan Danny juga memaparkan Tiga hal pokok yang wajib menjadi program RPJMD antara lain, merekonstruksi nasib rakyat menjadi masyarakat sejahtera standar dunia, merestorasi tata ruang menjadi kota nyaman berkelas dunia dan mereformasi tata Pemerintahan menjadi pelayanan publik.Danny, berpesan kepada seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang hadir, agar mampu menciptakan transparansi kepada publik, dengan jalan memberikan akses kepada masyarakat sebagai kontrol sosial,sehingga masyarakat dapat turut serta memberikan masukan terhadap program yang pro terhadap rakyat. Lebih lanjut, mantan arsitek tata ruang ini, mengatakan, setiap awal kepemimpinan kepala daerah yang baru, diwajibkan untuk mewujudkan RPJMD,  agar sasaran pembangunan daerah memiliki kesamaan pandang dan sinergitas dengan perencanaan pembangunan Nasional.

“Selain harus tepat sasaran, Rencana Program lima tahun kedepan harus sinergitas dengan program pusat,”tutur Danny

Kepala bidang Penelitian dan Pembangunan (Litbang) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Nur Kamarul Zaman, mengatakan, salah satu metode musyawarah yang dilakukan dengan cara diskusi kelompok.

Selain kepala SKPD, juga hadir delegasi dari dewan pendidikan , Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pimpian perguruan tinggi.

“Akan dibahas tentang isu strategis, sasaran pembangunan, strategi, kebijakan umum, program pembangunan daerah dan kebutuhan pendanaannya,”jelas Nur (sak)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.