Proyek Lahan Parkir Pasar Bikkeru, Dipindahkan

oleh -434 views

images(61)-1-1Kadishub Bantah Anggotanya Pungli

Sinjai– Proyek rehab lahan parkir pasar Sentral Bikeru Kecamatan Sinjai Selatan dengan pagu anggaran Rp 200 Juta bersumber dari anggaran pokok yang rencananya akan dibangun pada bulan mei tahun 2014, akhirnya dibatalkan.

Proyek pembangunan lahan parkir di kompleks pasar Bikeru Sinjai Selatan tidak jadi dilaksanakan dengan alasan diduga ditolak oleh pedagang dan masyarakat yang ada di sana. Pasalnya telah terjadi praktek sewa beli dengan pedagang dan masyarakat yang menempati lahan tersebut yang dilakukan oleh oknum pegawai dinas perhubungan.

Hal tersebut diungkapkan Andi Bahar Dinata Ketua Lembaga Messi. Reclaseering Republik Indonesia (LMR-RI) Cabang Sinjai berdasarkan hasil investigasinya di lapangan.

Menurut Andi Bahar Dinata menjelaskan, bahwa telah terjadi pungutan liar (pungli) dalam hal ini sewa. Sehingga pedagang dan masyarakat menolak lahan tersebut diperbaiki dengan alasan bahwa lahan tersebut sudah dibayar sewanya melalui oknum pegawai Dishub.

“Masyarakat di sana menolak karena mereka mau pake lahan itu untuk usaha. Apalagi mereka sudah membayar sewa kepada oknum pegawai Dishub. Takutnya mereka tidak bisa berjualan lagi jika lahan itu diperbaiki,” jelas Andi Bahar.

Sementara Firdaus S.Sos Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sinjai, ketika dikonfirmasi mambantah bahwa ada pungutan sewa.

“Itu tidak benar, jika ada pungutan selain parkir itu pungli tolong tunjukkan. Dinas Perhubungan cuman melakukan penarikan retribusi parkir dan bukan penarikan sewa tempat untuk jualan,” ujarnya.

Lanjut Firdaus menjelaskan bahwa pembangunan pasar tidak dibatalkan, melainkan dipindahkan karena Dinas Perhubungan tidak mempunyai lahan lain untuk merelokasi pedagang.

Selain itu Firdaus juga mengancam jika ada oknum bawahannya yang melakukan pungli dia berjanji akan menindak tegas.

“Tolong tunjukkan orangnya dinda. Kalau dari sukarela maka akan saya pecat. Jika PPNS maka akan saya berikan sanksi,” tegasnya. (Andi Eghy)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.