Publik pertanyakan Nomor rekening penyetoran PNBP di Ditlantas Polda Sulsel

oleh -170 views

Indotimnews– Pasca pemberalkukan Peratutan Pemerintah (PP) No.60 Tahun 2016, terkait dengan PNBP ranmor, baik SIM, TNKB maupun BPkB, pemilik kendaraan bermotor yang hendak melakukan proses transaksi, penyetorannya ke Bank yang ditunjuk, yakni BRI.

Namun sejumlah pemilik kendaraan maupun dialer kendaraan baru, mempertanyakan aturan penyetoran atau transaksi di loket BRI yang disiapkan Ditlantas Polda Sulsel yang tak pernah melihat nomor rekening tujuan yang notabenenya rekening negara.

Amrin misalnya, pemilik kendaraan bermotor (ranmor) roda empat yang melakukan proses pengurusan BBN 2, atas mobil yang dibelinya, mengaku melakukan transaksi penyetoran ke loket BRI Dirlantas Polda Sulsel, Jalan A. Petarani, hanya menerima resi penyetoran ke bank tersebut.

“Di saat saya membeli buku BPKB terlewbih dahulu menyetor dana sesuai ketentuan di loket BRI. Yang menjadi jangal, dalam prose penyetoran saya tidak mengisi slip penyetoran yang ditujukan ke rekening negara, seperti transaksi biasanya di bank,” ucap Amrin, saat diajak bincang-bincang.

Seperti halnya dengan sejumlah pengurus dialer ranmor baru, juga mengaku, melakukan proses transaksi pembelian BPKB tanpa mengisi slip penyetoran degan rekening tujuan.

“Kami tetap berada pada aturan pembelian BPKB dengan nilai yang ditetapkan. Memang, disaat proses transaksi, kami tak mengisi nilai ke nomor rekening negara,” ucap salahsatu pengurus dialer ranmor baru, yang meminta tidak dijelaskan identitasnya.

Sementara itu, Direktur Lalulintas Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Dirlantas Polda Sulsel), Kombes Pol. Winarto yang dimintai konfirmasi mengaku, bahwa penerapan PNBP sesuai mekanisme dan aturan yang ditetapkan dalam PP. No.60 Tahun 2016.

“Semua setoran sesuai PNBP dan disetor ke rekening negara. Yang tau itu Kementerian Keuangan dikarenakan semua rekening yang masuk ke negara lewat Kemenkeu” ucap Dirlantas Polda Sulsel, Minggu (22/1/17), saat dikonfirmasi via pesan singkat Watshapnya.

Saat ditanyai tentang nomor rekening tujuan proses transaksi pembayaran PNPB, Kombes Pol. Winarto, hanya menjawab tegas bahwa ke rekening kas negara.

Editor: Zulkifli

 

loading...
loading...