Puluhan Siswa SMPN 32 Makassar tak naik kelas, bukti kegagalan pendidiknya?

oleh -203 views

IMG_20150729_212852Makassar– Tahun ajaran baru 2015, bukannya menjadi kebahagiaan sekitar 50 siswa yang mengenyang pendidikan di SMP Negeri 32 Makassar, Jalan Daeng Ramang, Kecamatan Biringkanayya.

Malah sebaliknya, berbuah kekecewaan. Nah, 50 siswa dinyatakan tidak naik kelas naik kelas I hingga kelas III.

Sejumlah orangtua siswa yang dinyatakan anak mereka tinggal kelas, tentunya meradang. Merekapun kecewa dengan upaya pendidik di sekolah itu, yang dinilai tak mampu menjalankan tugas sebagai guru atau pendidik profesional

Menanggapi hal tersebut, Komisi Nasional Pengawasan Aparatur Negara Republik Indonesia (Komnas Waspan RI) menyayangkan adanya siswa tidak naik kelas secara maasal.

“Ini sebagai bukti kalau sekolah tersebut gagal dalam menjalankan proses pengajaran. Dan ini adalah kejadian yang langkah di mana satu sekolah ada siswa yang tinggal kelas secara massal,” ucap Sekertaris Komnas Waspan RI, Nasution Jarre.

Karena itu, ia berharap Kepala Dinas Pendidilan Kota Makassar segera memanggil pengajar di sekolah tersebut dan mempertanyakan metode proses belajar mengajar yang berujung pada kegagalan.

“Ingat, harapan orang tua siswa agar anak+anak mereka bisa belajar dan terdidik. Bukan menghukum dengan cara tidak menaikkan mereka ke jenjang kelas berikutnya,” tambah Nasution.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 32 Makassar, Hj. Hijriah Henang, Yang nerupaya dimintai tanggapan via telepon selularnya enggan memberi komentar.

Hal itupun menguatkan adanya dugaan kalau manajemen sekolah ini masih menerapkan tebang pilih dalam mendidik siswa siswinya.

Ia juga berharap Kadis Pendidikan Kota Makassar melakukan evaluasi terhadap para pengajar di sekolah tersebut. (Tim)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.