Puskesmas Soasio Tidore Berpeluang Terakreditasi

oleh -526 views

Indotimnews– Dengan kegigihan, semangat dan kerja keras yang ditunjukan puskesmas soasio kecamatan tidore kota tidore kepulauan yang melakukan pembenahan secara internal guna meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas demi terwujudnya pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar nasional. akan berbuah manis.

Bagaimana tidak, menurut drg. H. Izwar Arfanni, M. Kes, M.H selaku Ketua Surveyor yang diutus oleh Kementrian Kesehatan RI untuk melakukan survey akreditasi di Puskesmas Soasio mengatakan bahwa dalam pelaksanaan survey yang dilakukan pihaknya, ada tiga kegiatan utama yang dilihat diantaranya Administrasi dan Manajemen, Usaha Kesehatan Perorangan (UKP) serta Usaha kegiatan Masyarakat (UKM), seperti pelaksanaan posyandu maupun demam berdarah di setiap desa atau kelurahan.

Menurut dia dalam pelaksanaan survey yang telah beralangsung selama dua hari itu, puskesmas soasio telah memenuhi sebagian besar standar-standar pelayanan yang ditentukan.

“Bukannya saya bermaksud mendahului komisi kementrian, tetapi berdasarkan survey yang dilakukan selama dua hari ini saya melihat sebagian besar puskesmas soasio telah memenuhi standar-standar yang ditentukan, sehingga perlu untuk ditingkatkan. Namun untuk menentukan apakah puskesmas soasio ini akan terakreditasi pada level Dasar, Madya, Utama ataukah Paripurna nantinya diputuskan melalui komisi kementrian kesehatan berdasarkan laporan dari masing-masing bidang yang kami sampaikan,” ungkapnya saat ditemui usai melakukan survey akreditasi di Kantor Puskesmas Soasio pada Selasa, (29/11/16).

Senada ditambahkan Ridwan Yamko Kepala Seksi Puskesmas Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan yang juga merupakan Penanggungjawab Pengelola Akreditasi Puskesmas di Kota Tikep, ia berharap dari persiapan akreditasi yang dilakukan oleh puskesmas soasio yang berlangsung kurang lebih selama 11 bulan itu, nantinya puskesmas soasio bisa keluar dengan perolehan standar akreditasi yang berlevel paripurna atau yang terbaik.

“Tujuan dari kegiatan ini sesungguhnya untuk mengukur tingkat pelayanan puskesmas yang bermutu dan berkualitas dengan bersandar pada hasil penilaian yang nantinya akan dikeluarkan oleh Komisi Kementrian Kesehatan RI berdasarkan rekomendasi Tim Survior yang telah diutus untuk melakukan survey. Namun kami berharap hasil yang dikelurakn nati itu bisa pada level paripurna, yang Dimana standar pelayanannya sudah memiliki kesamaan seperti di Jakarta dan Surabaya maupun kota-kota Besar lainnya,” tuturnya.

Sementara menurut kepala puskesmas Soasio Zulaiha Ali mengaku jika sejauh ini sudah banyak terjadi perubahan di internal puskesmas soasio, utamanya terkait dengan komitmen pelayanan di tingkat masyarakat, yang dimana dalam pelayanan tersebut puskesmas soasio tidak mengutamakan hubungan kekeluargan maupun kerabat, melainkan lebih pada sistem antrian.

“Komitmen itu ada macam-macam, dianataranya komitmen pelayanan klinis, komitmen keselamatan pasien dan masih banyak komitmen lainnya yang sudah kita bangun disini. Jadi dalam mengutamakan pelayanan terhadap masyarakat, meskipun dia itu orang dari puskesmas sendiri harus ikut antrian”. Tegasnya.
Sekedar informasi Tim surveyor akreditasi yang diutus oleh komisi kementrian kesehatan RI itu, terdiri sebanyak tiga orang diantaranya drg. H. Izwar Arfanni, M.Kes, M.H yang membidangi soal Administrasi dan Manajemen, dr. Threesje Tory membidangi soal UKM, dan dr. Adonia Rerung, M. Kes yang membidangi soal UKP.

Laporan : Ute

loading...
loading...