Home / ADVERTORIAL / Putra Almarhum Prof. Dr Basalamah Raih Doktor bidang Ilmu Manajemen di UB

Putra Almarhum Prof. Dr Basalamah Raih Doktor bidang Ilmu Manajemen di UB

MAKASSAR– Muhammad Syafi’i A. Basalamah, dosen tetap Fakultas Ekonomi UMI, Putra Almarhum Prof. Dr. H. Abdurrahman A Basalamah ( Rektor UMI ke VI) berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengaruh Motivasi Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai yang Dimediasi Organizational Citizenship Behavior (OCB).

Studi pada Pemerintah Kota Makassar, dihadapan tim penguji yang dipimpin Prof. Dr. Dra. Noermijati, MTM, CPHR pada ujian akhir Program Doktor Ilmu Manajemen Fak. Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang, Selasa (9/10).

Kinerja pegawai yang maksimal, kata Muhammad Syafii akan terwujud apabila memillki sumber daya yang memiliki kompetensi dan integritas, pemimpin yang tepat dan sesuai untuk memimpin adalah yang dapat memotivasi pegawai untuk mewujudkan tujuan organisasi, sehingga pegawai mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi kerja, kompetensi, budaya organisasi terhadap kinerja pegawai yang dimediasi oleh Organizational Citizenship Behavior (OCB).

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Pemerintah Kota Makassar yang terdiri dari Sekretariat, Badan, Dinas, Kecamatan dan Rumah Sakit Umum dengan total populasi sebesar 5.789. Sampel yang digunakan 222 pegawai tetap dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proportional random sampling.

Pengumpulan data dilakukan secara langsung melalui kuesioner dan wawancara, dengan teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS), jelas Muhammad Syafi’I A. Basalamah.

Putra ketiga Alm. Prof. Dr. H. Abdurahman A. Basalamah ini melakukan penelitian selama dua bulan, dan hasilnya menunjukkan bahwa motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, budaya organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap OCB, kompetensi berpengaruh signifikan terhadap OCB, budaya organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap OCB, OCB memediasi pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai, OCB memediasi pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai dan OCB tidak mampu memediasi pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai.

“Hal baru dari penelitian ini terletak pada peran OCB yang memediasi secara parsial pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai pemerintah kota Makassar”, tutur putra kelahiran Makassar 1986.
Usai mempertahankan disertasinya dihadapan tim penguji yang berjumlah delapan orang, pimpinan sidang Prof. Dr. Dra. Noermijati, MTM, CPHR yang juga Ketua Prodi Doktor Ilmu Manajemen FEB Unibraw mengatakan, berdasarkan hasil rapat tim penguji saudara Muhammad Syafi’i A. Basalamah dinyatakan lulus, dan gelar doktornya sudah dapat dipakai setelah diyudisium.

Turut hadir dan menyaksikan ujian tersebut Ketua Yayasan Wakaf UMI H. M. Mokhtar Noer Jaya, Rektor UMI diwakili Wakil Rektor II Prof. Dr. H. Salim Basalamah, Rektor UMI Periode 2010-2018 Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA, Prof. Dr. H. Nasir Hamzah, beberapa Pimpinan fakultas, lembaga, dosen Fak. Ekonomi UMI serta keluarga. (Humas UMI)

loading...