Ratusan Dai LDII ikuti pendalaman Al-Qur’an

oleh -289 views

LDII-pendalaman-alquranMakassar– Sebagai sosok yang bersentuhan langsung dengan umat, dai dipandang perlu meningkatkan kualitas keilmuan. Peningkatan kualitas diri seorang dai diraih melalui proses pengajian Alquran secara mendalam.

Demikian yang mendasari dilaksanakannya kegiatan Pendalaman Alquran bagi para dai Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) se-Sulawesi Selatan di Masjid Nurul Huda, Jalan Mannuruki 9, Kelurahan Mannuruki, Kecamatan Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (21/4/2016).

Pemateri dalam pengajian ini, anggota Majelis Taujih Wal Irsyad DPP LDII, KH Fuad Zuyyin Nasrulloh. Pendalaman Alquran yang akan berlangsung hingga Sabtu (23/4/2016) ini diikuti ratusan dai utusan DPD LDII se-Sulawesi Selatan.

Menurut Wakil Ketua LDII Sulsel Suyitno Widodo, Alquran menjadi rujukan bagi umat islam untuk berperilaku yang baik. “Alquran sekaligus menjadi dasar proses alih pemahaman (transfer knowledge) dari satu individu kepada individu lain,” kata Widodo di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (21/4/2016).

Pihaknya mengemukakan, pengkajian Alquran untuk mencegah hilangnya pemahaman (loss knowledge) terhadap kandungan Alquran itu sendiri. “Tujuan akhir pendalaman Alquran ini adalah terbentuknya dai yang mampu memberikan kontribusi dalam kehidupan berbangsa, beragama, dan bernegara,” tutur Widodo.

Menurut Widodo, munculnya radikalisme dan terorisme disebabkan pemahaman yang keliru terhadap ajaran agama. “Radikalisme muncul karena memahami agama dengan sepotong-sepotong,” ujarnya.

Adapun Ketua LDII Makassar Renreng Tjolli menyatakan, pengajian ini telah menjadi agenda LDII untuk meningkatkan kualitas pada muballigh. “Ini acara rutin DPW LDII Sulsel,” ungkap Wakil Ketua MUI Sulsel bidang dakwah ini.

Laporan: Azis Umar/Mad

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.