Ratusan objek cagar budaya didaftarkan, namun belum teregistrasi

oleh -194 views

Indotimnews– Sedikitnya ada ratusan objek, baik berbentuk struktural maupun bangunan yang diklaim sebagai cagar budaya di Makassar dan telah didaftarkan, namun belum diregistrasi, dikarenkan belum adanya peninjauan dari ahli, untuk memastikan apakah objek tersebut masuk sebagai cagar budaya.

Demikian dikatakan seorang Pakar Arkeologi dan Akademisi, Yadi Mulyadi pada acara Sosialisasi Perda No 2 Tahun 2013 tentang Pelestarian Cagar Budaya, yang diadakan Sekretariat Dewan DPRD Kota Makassar di Grand Imawan Makassar,( 22/11)

Yani mengutarakan, Makassar harus memiliki cagar budaya sendiri, untuk itu dibutuhkan Perda yang mengatur serta Tim Ahli, sehingga dapat melestarikan warisan budaya bangsa dan warisan umat manusia, meningkatkan harkat dan martabat bangsa melalui cagar budaya serta mempromosikan warisan budaya bangsa kepada masyarakat internasional, yang pada intinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lanjutnya, adapun kriteria yang masuk dalam cagar budaya adalah benda, bangunan atau struktur yang sudah berusia 50 tahun, mewakili masa gaya paling singkat berusia 50 tahun, memiliki arti khusus bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama dan kebudayaan serta memiliki nilai budaya bagi penguatan kepribadian bangsa.

“Tim ahli cagar budaya Makassar itu memiliki sertifikat kompetensi sesuai Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya. Mereka sudah bisa mengkaji dan menentukan cagar budaya milik Makassar, seperti Fort Rotterdam, Rujab Gubernur Sulsel, dan gedung Mulo adalah salah satu cagar budaya Nasional bukan cagar budaya milik Makassar” jelasnya.

Hal senada diutarakan Ketua Komisi B DPRD Makassar, Drs. H. Amar Busthanul yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, mengatakan, berdasarkan pasal 95 ayat (1) dan pasal 96 ayat (1) huruf a undang-undang nomor 11 tahun 2010, pemerintah daerah memiliki tugas dan wewenang melakukan perlindungan pengembangan, pemanfaatan cagar budaya dan menetapkan etika pelestarian cagar budaya. (RS)

loading...
loading...