Rektor UMI Kunjungi Galeri Assalam UPT Manajemen Inovasi & Inkubasi Bisnis UMI

oleh -112 views

MAKASSAR– Universitas Muslim Indonesia (UMI) terus menciptakan terobosan terbaru yang membuat UMI semakin kokoh sebagai perguruan tinggi dengan inovasi terbaik di berbagai sector.

Sektor Pengelolaan bisnis misalnya. Terbaru, hadirnya Geleri Assalam oleh Pusat Layanan Kewirausahaan dan Galeri Inovasi UPT Manajemen Inovasi dan Inkubasi Bisnis UMI.

Rektor UMI Prof. Dr. H Prof. Dr. Basri Modding S.E, M.Si didampingi WR I Dr. Ir. Hanafi Ashad, S.T, M.T, IPM, WR III Dr. Nasrullah, M.H dan WR V Prof. Dr. Ir. Hattah Fattah, M.S melakukan kunjungan ke Galeri Kampus II UMI,(18/2/2021).

Dalam kunjungan tersebut rombongan Rektor dan Wakil Rektor ini memantau langsung seluruh produk yang dijajalkan di Galeri Assalam. Seluruh produk tersebut merupakan karya dari mahasiswa dan dosen di UMI.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Basri Modding mengungkapkan, pimpinan UMI mendukung segala bentuk inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa dan dosen UMI. Dan yang tidak kalah penting adalah soal hak cipta bahwa ini adalah produk UMI.

“Ini adalah manifestasi langsung dari program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. Kita punya cita-cita untuk terus menghasilkan karya inovatf dan kreatif dari mahasiswa dan dosen UMI” ungkap Guru Besar FEB UMI ini.

“Jadi dalam kampus merdeka dan merdeka belajar itu, kita arahkan mahasiswa menciptakan produk kalau perlu setelah selesai (lulus) dia sudah punya usaha, sudah punya nama brand,” sambung Prof Basri Modding.

Sementara itu, Prof Hattah Fattah yang juga Wakil Rektor V yang membidangi Promosi dan Kerjasama UMI, menjelaskan, pihaknya akan mengupayakan meluasnya jangkauan setiap produk UMI

“Yang pertama soal kerjasama. Inikan proses produksi telah kita lalui. Artinya teman dosen dan mahasiswa di UMI telah berhasiil menghasilkan produk. Sekarang yang akan kita lakukan adalah proses hilirisasi dan komersialisasinya,” kata Guru Besar Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan UMI.

Proses Hilirisasi dan Komersialisasi ini, disebutkan Prof Hattah, dilakukan dengan banyak membangun kerjasama dengan pemerintah, terutama sektor swasta.

“Nah ini memang kita harus bekerjasama dengan pemerintah dan swasta. Dengan begitu kita dapat mewujudkan konsep triple helix,” imbuh Prof Hattah.

UPT Manajemen Inovasi dan Inkubasi Bisnis UMI Dr. Asdar Djamereng, S.E, M.M yang didampingi Kepala Unit galeri Assalam, Dr Ir Hj Siti Rahbiah Busaeri, MS., menyebutkan, pihaknya menyediakan sejumlah produk untuk diperjual belikan. Produk-produk tersebut rata-rata adalah olahan makanan yang berbahan alami.

“Bawang lanang hitam, kunyit bisnis, bubuk merica, bubuk cabe, bubuk ketumbar, bubuk bawang putih, kapsul bawang putih, bubuk daun kelor, bawang lanang, bawang merah, danke, seppang, jahe, tempe, dan cengkeh,” tutupnya.

Di akhir kunjungan Pimpinan UMI berkesempatan untuk memberikan langsung hadiah bagi mahasiswa yang berprestasi dalam lomba Start Up Competition 2020.

Mereka adalah A. Nasri Masri (FEB/2017), Andi Rayhan Arman (FIKOM/2016), Yudha Islami Sulistya (FIKOM/2017), Muhammad Rusdiansyah (FIKOM/2018), Fery Setyo Aji (FIKOM/2018), dan Taufik Baharsyah (FIKOM/2017).

loading...
loading...