Saat Menteri pendidikan minta waktu buat benahi sistem pendidikan

oleh -238 views

Indotimnews– Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta dan mengharapkan kepada masyarakat Indonesia untuk memberinya kesempatan membenahi sistem pendidikan nasional.

“Berilah saya kesempatan untuk membenahi sistem pendidikan nasional kita,” ujarnya pada Kongres XXI Persatuan Taman Siswa, di Pendopo Taman Siswa, Yogyakarta, Selasa.

Selama ini, kata dia, Pemerintah Indonesia secara rutin melakukan pemetaan terhadap sekolah-sekolah negeri untuk mencari tahu penyebab dari masih rendah kualitas sekolah dan murid-murid yang dihasilkan sekolah tersebut.

Padahal, kegiatan tersebut menghabiskan anggaran negara sebesar Rp500 miliar setiap tahun demi menghasilkan peta kelemahan kualitas dari sistem pendidikan nasional.

“Kita jangan terus menerus memetakan dengan anggaran sebesar Rp500 miliar setiap tahun. Setengah triliun rupiah untuk memetakan terus, tetapi kita tidak pernah membenahinya secara sistemik,” ujar dia lagi.

Sebaiknya, kata Muhadjir, dana tersebut dialokasikan untuk membenahi sekolah dan bangunan sekolah di seluruh Indonesia, sehingga tidak terjadi pemborosan anggaran negara untuk kegiatan yang tidak produktif.

Berita: antaranews.com

loading...
loading...