Sasaran Produksi Ubi Kayu Sulteng 97.304 Ton

oleh -170 views

images(26)Indotimnews.com– Sasaran produksi komoditas pangan khususnya ubi kayu di Sulawesi Tengah pada 2015 mencapai 97.304 ton. Kepala Dinas Pertanian Sulteng Trie Iriany Lamakampali di Palu, Senin, mengatakan selain peningkatan produksi, juga produktivitasnya diperbaiki.

“Kita target ada peningkatan produktivitas menjadi sekitar 207,06 kuintal/hektare,” katanya.

Luas lahan tanam ubi jalar di Sulteng pada 2015 ini sekitar 5.081 hekatre sementara luas lahan panen 4.699 hektare. Semua kabupaten dan kota diharapkan mengenjot pengembangan komoditas pangan guna menjadikan Sulteng sebagai daerah penyangga stok nasional.

Di Sulteng, lanjut dia, kondisi tanah dan iklim sangat mendukung begi pengembangan berbagai komoditas pertanian dan perkebunan.

Menurut dia, jika pemerintah kabupaten dan kota memberikan perhatian serius bagi pengembangan komoditas pangan, niscaya produksi petani dipastikan meningkat sesuai dengan target yang ditetapkan pemerintah.

Pemerintah pusat pada 2015-2017 menargetkan kedaulatan pangan namun hal itu bisa terwujud jika semua daerah, termasuk Sulteng yang ditetapkan Kementerian Pertanian menjadi provinsi pertama yang mengekpor pangan, mampu mengoptimalkan seluruh potensi lahan yang ada di setiap wilayah.

Menurut dia, masih banyak lahan tidur di Sulteng. Jika semua lahan itu dimanfaatkan bagi pengembangan komoditas pangan dan lainnya,niscaya Sulteng bukan hanya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sendiri, tetapi juga bisa menopang kebutuhan pasar dalam negeri bahkan ekspor. (skd) (antarasulteng)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.