Sejumlah Kanit Regident Samsat di daerah “Berkutat” pungli, Kapolda Diharap lakukan evaluasi

oleh -321 views

Indotimnews.com– Terkait dengan kinerja sejumlah Kanit Regident Samsat di sejumlah polres di wilayah Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sulsel, banyak menuai sorotan, khususnya pada indikasi aksi pungutan liar (pungli).

Dari pantauan media ini, menguak indikadi beberapa titik pungli di sejumlah Kantor Samsat. Diantaranya dugaan pungutan pada proses perpanjangan STNK yang bukan nama wajib pajak kendaraan bermotor (ranmor). Pembuatan duplikat STNK yang nilainya ratusan ribu rupiah.

Demikian pada pungutan cek fisik ranmor yang tisak memiliki dasar hukum pungutan terkesan jadi ajang pungli, mutasi masuk atau berkas lapor tiba dan mutasi keluat (proses cabut berkas) ranmor dari luar dipungut pula di luar aturan yang ditetapkan pada Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Melihat kondisi yang cukup memperihatinkan ini Komisi Nasional Pengawasan Aparatur Negara (Komnas Waspan), mengharapkan Kapolda Sulsel untuk segera melakukan evaluasi terhadap kinerja para kanit regident Samsat yang terindikasi melakukan pungli.

144574_06451210062015_stnkSementara di kantor Samsat Makassar, Maros, Pangkep, Barru, Pinrang, dan Gowa tidak ditemukan dugaan aksi pungli.

“Tentunya masyarakat sangat berharap di tubuh pelayanan kepolisian dalam linkup Ditlantas tidak ternoda denfan aksi dugaan pungli yang kini ramai diperbincangkan,” kata Sekjen Komnas Waspan RI, Nasution Jarre, Kamis (23/7/2015).

Dikatakan, secepatnya Kapolda Sulsel dan Dirlantas Polda Sulsel, melakukan evaluasi, agar kinerja bawahannya yang pongah akan aksi pungli tidak semakin memperburuk citra kepolisian yang kini yengah dalam perbaikan.

“Saya kira masih banyak perwira di lingkup Ditlantas Polda Sulsel yang cerdas dan punya moralitas anti pungli yang bisa menjabat posisi Kanit Rwgident Samsat,” pungkas Nasution Jarre. (Zul)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.