Sekitar Dua Ribu Pelajar di Kutai Karta Negara Teranca Terancam Tak Dapat Beasiswa

oleh -190 views

images(1)Indotimnews.com– Dari sekitar 5.552 penerima beasiswa di Kutai Kartanegara, jatah dua ribuan mahasiswa dan pelajar rekeningnya terancam hangus. itu karena penerima beasiswa dengan rekening Bank Syariah Mandiri diketahui non aktif sejak Januari lalu dan tak bisa lagi diaktifkan lagi.

“Kemungkinan besar beasiswa itu hangus, karena pihak bank memastikan tak bisa mengaktifkan rekeningn kembali. padahal ,rencananya uang beasiswa itu akan dibayarkan ke SPP,” ucap mahasiswi semester akhir ini yang enggan menyebutkan namanya.

Menanggapi permasalahan itu Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari mengatakan, hal itu sudah menjadi aturan jika rekening yang bersangkutan tak aktif otomatis gugur sebagai penerima bantuan pendidikan tersebut. “Yak kan aturan terkait persoalan rekening itu sudah jelas. Penerima beasiswa harus sudah menyiapkan rekening agar dalam kondisi aktif. Masa yang harusnya jadi urusan mereka kami juga harus merubah kebijakannya,” tuturnya.

Mahasiswa harusnya pro aktif, jangan manja. Mereka harus mengerti yang apa yang sudah menjadi aturan penerima bantuan pendidikan ini. “Yang pasti kami sudah berusaha agar mereka mendapat beasiswa dan tidak mendapat masalah,” ucapnya.

Terpisah Kepala BRI Cabang Tenggarong Romdon Dwi Prihantono mengatakan, jika penerima beasiswa yang menggunakan rekening BRI apabila rekening pasif masih bisa diaktifkan kembali. “Kecuali jika rekeningnya sudah ditutup,” bebernya.

Sebelumnya Ketua Tim Pengelola Beasiswa Gerbang Raja, Arsyad mengatakan, saat ini beasiswa dalam tahap pencairan. Beasiswa 2014 dicairkan 2015 karena dana ini bersifat hibah. Arsyad berjanji April proses pencairan sudah selesai sehingga bisa ditransfer ke rekening mahasiswa penerima beasiswa. “Saya juga berharap cepat cair karena saya janjikan ke Bupati bahwa Maret sudah cair,” ungkap dia.

Mantan atlet tinju ini menuturkan, mahasiswa menerima beasiswa ini melalui tiga bank yang sudah ditunjuk Pemkab Kukar. Yakni Bank Syariah Mandiri, Bank Kaltim, dan BRI. “Pastikan rekening penerima masih aktif,” lanjut dia.

Dari 13 ribu lebih pendaftar, terverifikasi 5.552 penerima beasiswa yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar. Dana yang disiapkan sekira Rp 23 miliar dari APBD Kukar 2015.

Besaran beasiswa bervariasi antara lain, paling kecil kategori SD yakni Rp 750 ribu. Paling besar S-III yakni Rp 15 juta. Kategorinya beasiswa kurang mampu, beasiswa prestasi akademik, beasiswa prestasi nonakademik, beasiswa 10 besar ujian nasional, dan beasiswa penelitian mahasiswa semester akhir.

(kaltimpost)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.