Seluruh Sentra pelayanan Ditlantas Polda Sulsel jadi “Zona Bebas Percaloan”, Warga Mengapresiasi

oleh -221 views

PhotoGrid_1457673993293Makassar– Direktoral Lalulintas (Ditlantas) Polda Sulsel, kini tengah menyatakan diri bebas dari segala bentuk percaloan. Hal itu ditandai dengan terbitnya “Deklarasi Zona bebas Percaloan”, yang ditandatangani Direktur lalulintas (Dirlantas) Polda sulsel, Kombes Pol. Edi Sukaryo, Tanggal 27 Februari 2016.

Menurut Kepala Sub Direktorat Administrasi Registrasi dan Identifikasi (Kasubdit Min Regident) Ditlantas Polda Sulsel, Komopol DR. Masaluddin SIp, SH, MH, Jumat (11/3), Deklarasi inipun sudah disosialisasikan di seluruh pelayanan Ditlantas Polda sulsel, seperti pelayanan BPKB, SIM, dan STNK di seluruh Satpas dan kanit registrasi dan Identifikasi (regident) Samsat se Ditlantas Polda Sulsel dan Sulbar.

“Alhamdulillah program bebas percaloan yang kini tengah dilakkan diseluruh satpas dan regident jajaran Ditlantas Polda Sulsel, sudah dilakukan. hal ini tentunya, sebuah bentuk pelayanan prima tanpa dihiasi segala bentuk percaloan yang bisa mengakibatkankerugian bagi masyarakat yang melakukan proses pengurusan bentuk surat kendaraan bermotor,” papar Kasubdit Min regident Ditlantas Polda Sulsel.

Demikian halnya, jika ada oknum petugas kepolisian yang bertugas di pelayanan publik Dittlantas Polda Sulsel, Masaluddin yang juga seorang akademisi tersebut menyatakan akan menindak tegas jika ada oknum yang berperaktek calo.

Sementara “Deklarasi Zona Bebas Percaloan” yang kini didengungkan pihak Ditlantas Polda Sulsel ini ternyata diamini warga dan sejumlah aktivis di Makassar.

‘kami sangat senang dengan pola pelayanan prima yang ditarapkan Ditlantas Polda Sulsel. Artinya, kami tak lagi ragu melakukan proses pengurusan surat kendaraan  baik SIM, STNK dan BPKB, semua akan berjalan cepat dan tepat,” ucap Hj. Ria, warga Jalan Lndak Baru, saat dimintai komentar.

Sedang, Sekertaris Komisi Nasional Pengawasan Aparatur Negara Republik Indonesia (Komnas waspan RI), Nasution J, yang dimintai komentar via telepon selularnya di jakarta mengharapkan dengan ditetapkannya deklarasi tersebut, diharapkan pelayanan di Ditlantas Polda Sulsel wajib ditingkatkan.

“Ini merupakan terobosan yang patut diapresiasi. Dengan deklarasi tersebut, pihak Ditlantas Polda Sulsel, menyatakan diri perang terhadap segala bentuk percaloan di lingkup pelayanan publik,” ucap Nasution.

Hal serupa juga dipaparkan Subair, aktivis yang kerap menyuarakan aspirasi sopir Angkutan Kota (Angkot) di Makassar, bahwa deklarasi itu membuktikan pihak Ditlantas Polda Sulsel, merupakan institusi profesional dalam memberikan pelayanan maksimal.

berikut bunyi “Deklarasi Zona Bebas Percaloan” yang ditandatangani Drlantas Polda Sulsel, Kombes Pol. Edi Sukaryo:

“Saya selaku Direktur Lalulintas Polda Sulsel beserta staf dan seluruh kapolrestabes serta Kasat Lantas dan Kanit Regident jajaran Polda Sulselbar menyatakan bahwa:

Seluruh sentra pelayanan pada Unit Layanan SIM, BPKB dan STNK menyatakan bebas dari percaloan dalam bentuk apapun.

Apabila saya temukan bentuk percaloan pada unit layanan regident (Satpas, Samsat dan BPKB), Saya akan melakukan tindakan hukum secara tegas sesuai dengan ketentuan per Undang-undangan yang berlaku”.

 

Penulis: Zulkifli Malik

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.