Home / EKOBIS / Serikat Buruh KAMIPARHO Minta 21 Pekerja PT. SUKANDA DJAYA Diangkat Karyawan Tetap
Bos PT. SUKANDA DJAYA

Serikat Buruh KAMIPARHO Minta 21 Pekerja PT. SUKANDA DJAYA Diangkat Karyawan Tetap

MAKASSAR– Kasus outsourching yang terjadi di PT. SUKANDA DJAYA (DIAMOND GROUP) yang berada di Kota Makassar menimpa 21 pekerja yang tergabung dalam Serikat Buruh KAMIPARHO KSBSI.

Menurut Serikat Buruh KAMIPARHO, Membuka kembali sejarah PT. SUKANDA DJAYA adalah salah satu anak perusahaan DIAMOMD GROUP milik salah satu investor besar NORMAN CHENG.

“Perusahaan ini termasuk perusahaan terbesar di bidang pangan di indonesia. Adapun beberapa produk besar yang terkenal di masyarakat yakni, Ovaltine, Diamond Milk, Diamond Ice Cream, dan lainnya. Perusahaan ini juga masuk perusahaan terfavorit 2018 dengan beberapa indikator yakni, gaji, karir, suasana kerja, dll. (www.qerja.com),” ucap Ketua Serikat Buruh KAMIPARHO
Andi Kurniawan.

Dikatakan, catatan di atas hanya sekedar iklan untuk meraup tenaga kerja, realitas yang terjadi malah berbalik 180 derajat. Pelanggaran terhadap PERMENAKER Nomor 100 tahun 2004 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT).

“Beberapa pekerja yang seharusnya menjadi pekerja tetap, dilihat dari bidang pekerjaannya malah di jadikan outsourching. Kasus-kasus seperti ini kerap terjadi di seluruh perusahaan, namun pihak pemerintah dalam hal ini Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar kurang memproteksi hal demikian,” jelasnya, Kamis (10/1).

Andi Kurniawan menyampaikan bahwa akan tetap bertenda disini (depan PT. SUKANDA DJAYA) sampai 21 orang ini diangkat menjadi pegawai tetap.

“Kami juga yang teraliansi dalam Gerakan Politik Rakyat Pekerja (GEPORAK), terus menggaungkan program perjuangan yakni, penghapusan tenaga kerja kontrak, Penerapan Gaji sesuai UMP, Jaminan sosial, kesehatan kerja,” tutupnya. (*)

loading...