Home / DAERAH / Siskeudes Gowa Jadi Percontohan Puluhan Sekdes Bulukumba

Siskeudes Gowa Jadi Percontohan Puluhan Sekdes Bulukumba

Indotimnews– Sebanyak 40 orang yang terdiri dari Sekretaris Desa dan Bendahara Desa se-Kabupaten Bulukumba melakukan Study Kerja Implementasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) di Kabupaten Gowa.

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bulukumba, H Andi Kurniadi ini diterima oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Gowa, Muh Asrul di Ruang Rapat Wakil Bupati Gowa, Rabu (11/10/2017).

“Gowa merupakan satu-satunya kabupaten pengelola Siskeudes terbaik di Sulsel sehingga kami ingin belajar agar bisa mengaplikasikan Siskeudes ini dengan baik di daerah kami,” jelas Andi Kurniadi.

Pengelolaan Siskeudes berdasarkan amanat pimpinan KPK agar desa-desa dapat menerapkan Siskeudes di daerahnya masing-masing dan merupakan salah satu syarat untuk meraih WTP dengan melampirkan kerjasama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait pengelolaan Siskeudes. Kepala Dinas PMD Kabupaten Gowa, Muh Asrul menjelaskan, Siskeudes di Kabupaten Gowa sudah dimulai sejak tahun 2015.

“Kami mulai Siskeudes pada tahun 2015 yang diawali dengan sosialisasi dan menandatangani kerjasama dengan BPKP sejak 2015-2016 serta konsen melatih para kepala desa, sekdes dan bendahara desa,” kata Asrul

didampingi Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Gowa, Ahmad Wahid. Asrul menambahkan, pada tahun 2016 seluruh desa di Kabupaten Gowa yang berjumlah 121 desa sudah mengimplementasikan Siskeudes ini.

“Siskeudes ini dapat berjalan dengan baik karena adanya tujuh prinsip dalam mengimplementasikan sistem ini yakni adanya admin, harmonisasi peraturan-peraturan daerah, bimbingan teknis, forum komunikasi dan diskusi via media sosial, klinik Siskeudes, monitoring berkala dan koordinasi serta komunikasi dengan Tim BPKP yang ada di daerahnya,” jelas Asrul.

Para sekdes dan bendahara desa Kabupaten Gowa ini juga melakukan dialog dan tanya jawab langsung dengan Kepala Dinas PMD Kabupaten Gowa, bahkan rombongan ini juga mengunjungi langsung klinik Siskeudes yang berlokasi di Kantor Dinas PMD Kabupaten Gowa.

Laporan Fandi

loading...