Home / DAERAH / Solar Di Sinjai Langka, Nelayan Terpaksa Menganggur

Solar Di Sinjai Langka, Nelayan Terpaksa Menganggur

images(165)-1Sinjai– Terbatasnya jumlah stok Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Sinjai mengakibatkan puluhan nelayan di Kecamatan Sinjai Utara dan Kecamatan Sinjai Timur, tidak melaut.

Seperti yang diungkapkan Uddin salah seorang nelayan di Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara kepada IndoTimNews.COM, Selasa (14/10/2014).

Menurut Uddin bahwa keterbatasan stok BBM jenis solar di beberapa SPBU di Kabupaten Sinjai terkadang membuat kami tidak kebagian stok Solar. Sehingga kami tidak bisa melaut karena bahan bakar kapal tidak ada.

“Akibat keterbatasan solar di sejumlah SPBU di Sinjai membuat kami pada bulan ini (Oktober,red) tidak bisa melaut karena kapal tidak ada bahan bakar. Oleh karena itu kami terpaksa mencari alternatif lain dengan kerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” Ungkapnya.

Menurutnya, keterbatasan Stok BBM jenis solar ini baru terjadi sejak beberapa hari terakhir ini. “Kami berharap perhatian dari Pemerintah agar stok BBM jenis solar bisa kembali normal, seperti bulan-bulan sebelumnya agar kami bisa kembali melaut,” harap Uddin.

Sementara salah satu pengusaha kapal ikan di Kabupaten Sinjai, Muhtar Bejo mengakui akibat keterbatasan Stok BBM jenis solar sangat berdampak kepada puluhan anggotanya yang berprofesi sebagai nelayan harus menganggur sebab tidak bisa melaut.

“Terus terang karena BBM jenis solar terbatas di beberapa SPBU di Kabupaten Sinjai makanya ada sekitar 20 orang anggota saya istirahat dan tidak mendapatkan penghasilan karena kapal tidak bisa beroperasi,” ujarnya.

Oleh karena itu, Muhtar berharap agar penegak hukum melakukan pengawasan di sejumlah SPBU. Jangan sampai ada permainan seperti solar bersubsidi terjual ke Industri sehingga nelayan tidak kebagian solar.

“Saya berharap agar pihak kepolisian melakukan pengawasan di sPBU, jangan sampai ada yang memanfaatkan keterbatasan stok BBM inelayan tidak kebagian solar.

“Saya berharap agar pihak kepolisian melakukan pengawasan di sPBU, jangan sampai ada yang memanfaatkan keterbatasan stok BBM ini,” harapnya.

Terpisah Pihak SPBU Lita, di Jalan AP Pettarani, Kabupaten Sinjai, Jamal mengungkapkan bahwa kekosongan ini terjadi akibat adanya pembatasan stok oleh pertamina.

“Stok BBM subsidi jenis solar sudah mulai berkurang makanya ada pembatasan oleh pertamina,”Ungkapnya. (Eghy)

loading...