Sudah Tak Lolos Caleg, Sekertaris KPU Makassar Malah Dilapor Polisi

oleh -307 views

images(2)Indotimnews.com– Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, Drs .Sabri sulaiman diperiksa oleh penyidik Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Makassar, Selasa (24/3), kemarin. Sabri diperiksa polisi terkait adanya laporan dari salah satu calon legislatif (Caleg) bernama Jamaluddin.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Muh Endro yang ditemui dituang kerjanya , membenarkan pemeriksaan Sabri. Endro mengaku, pemeriksaan terhadap Sekretaris Komisi Pemelihan Umum (KPU) Kota Makassar ini perihal adanya laporan dari Jamaluddin.

“Dia diperiksa perihal adanya laporan dari Jamaluddin Caleg DPRD Provinsi dapil kota makassar ,Sabri dilaporkan atas kasus penipuan, ” ucap Endro .

Tuduhan penipuan itu kata Endro, muncul setelah Sabri menjanjikan Jamaluddin untuk lolos Calon Legislatif pada pemilihan legislotor waktu lalu. Jamaluddin diiming-imingi bisa lolos menjadi anggota legislator setelah membayar uang ratusan juta rupiah.

Untuk mendalami laporan Jamaluddin kata Endro, pihaknya masih melakukan penyelidikan dan pemeriksaan terhadap Sabri.

“Penyidik masih mendalami laporan Jamaluddin. Untuk mengusut kasus ini, selain memeriksa terlapor ada beberapa alat bukti yang ikut dikumpulkan, ” jelas mantan Kasubdit Tipikor Polda Sulselbar ini.

Informasi yang berhasil dihinpun korban pertama kali ketemu di Hotel Pantai Gapura kepada tersangka Sabri melakukan negosiasi untuk melakukan pembayaran secara bertahap sebanyak 450 juta.

Pembayaran terhadap pelaku sebanyak 8 kali secara per tahap , pertama 120 juta diserahkan di jalan Ratulangi , kedua 280 juta Secara tunai di rumah Sabri yang terletak di jalan karunrung, ke tiga. Mentransper Via atm BNI, 10 juta BCA, 10, BNI 10, bank Mandiri 10 juta, bernilai 50 juta.

Korban adalah calon Anggota Legeslatif Dprd Provinsi dengan daerah pemilihan kota makassar dari partai Bulan Bintang .

Sejauh ini pihak Penyidik Polrestabes Makassar telah melakukan pemeriksaan yang kedua , pertama dilakukan pemeriksaan saksi pada tanggal 3 Maret pemeriksaan dan pemeriksaan kedua terhadap empat orang saksi serta alat bukti berupa Kwitansi dan alat bukti berupa struk transfer terhadap pelaku .

Penyidik Reskrim Polrestabes sudah menetapkan Sabri Sulaiman sebagai tersangka sementara pasal yang di sangkakan terhadap pelaku adalah pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman penjara diatas 5 tahun . (boer)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.