Surat Edara DIKTI terkait uji kompetensi digugat mahasiswa keperawatan

oleh -606 views

IMG_20151210_222123Makassar– Puluhan mahasiswa keperawatan yang tergabung dalam Gerakan Aktivis Perawat melalukan aksi unjuk rasa di depan DIKTI, Kamis (10/12).

Unjuk rasa yang dipimpin Arifandi, mahasiswa Politehnik Kesehatan Makassar ini mempertanyakan terkait persoalan
Uji kompetensi mahasiswa keperawatan yang dilakukan sebagai exit exam lewat kebijakan sepihak Direktorat Perguruan Tinggi (Dikti) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Dalam elalui surat edaran DIKTI no. 704/E.E3/DT/2013. Surat edaran itu berisi tentang uji kompetensi bagi calon lulusan pendidikan tinggi bidang kebidanan dan keperawatan. Dengan surat edaran ini menjadikan uji kompetensi sebagai exit exam artinya mahasiswa keperawatan dinyatakan lulus jika lulus uji kompetensi kemudian baru menerima surat tanda registrasi (STR).” jelas Arfandi.

Sementara Muhammad Ikbal Salim, peserta aksi saat dimintai komentar mengaku, penyelenggaran uji kompetensi yang tdak jelas sampai hari ini menyisakan teka teki bagi buat mereka.

“Pelaksanaan uji kompetensi menyisakan masalah bagi mahasiswa keperawatan,” papar Muhammad Ikbal kecewa.

Beberapa aktivis keperawatan juga mengaku, pelaksanaan uji kompetensi yang tidak memiliki kejelasan terhadap status kelulusan mereka yang disebabkan uji kompetensi. Beberapa mahasiswa sudah ditelantarkan lebih dari 1 tahun.

Menurut mereka beberapa lulusan di Kampus Politeknik Kesehatan Makassar karena ketidakjelasan uji kompetensi sebagai suatu syarat untuk mendapatakan surat tanda registrasi (STR) guna memasuki dunia kerja sesuai dengan disiplin ilmunya.

Selanjutnya, Arifandi dalam orasinya meminta kpada DIKTI dan BPSDM untuk segera membenahi uji kompetensi tenaga kesehatan karna jangan sampai uji kempetensi yang sejatinya untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang lebih profesional itu kemudian nenjadi sebuah penelantaran bagi mahasiswa dari alumni kampus kesehatan.

Editor: Zoel

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.