Tahun ini PBHI siapkan pendampingan hukum gratis untuk rakyat

oleh -190 views

Indotimnews–  Bantuan hukum adalah hak asasi semua orang, diberikan oleh Negara yang bukan atas dasar belas kasihan dari Negara, tetapi bantuan hukum merupakan tanggung jawab Negara dalam mewujudkan equality before the law, acces to justice dan fair trial.

Sebagaimana penerapan program bantuan hukum yang merupakan implementasi dari UU No.16 tahun 2011 tentang bantuan hukum. Penerima bantuan hukum yang dimaksudkan dalam UU adalah masyarakat tidak mampu (miskin).

Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia (PBHI) Wilayah Sulawesi Selatan sebagai salah satu organisasi bantuan hukum (OBH) yang memberikan bantuan hukum gratis untuk masyarakat Sulawesi Selatan yang telah berdiri sejak tahun 1996.

Menurut Nur Amin Saleh, Kadiv Kampanye, Kajian dan Penguatan Organisasi PBHI Wilayah Sulawesi Selatan. Di awal tahun 2017 PBHI Wilayah Sulawesi Selatan akan memprioritaskan sosialisasi sebagai program kerja di triwulan pertama, selasa (3/1/2017).

“PBHI Sulsel akan memanfaatkan awal tahun dengan memperkuat sosialisasi bantuan hukum gratis kepada masyarakat di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan, terkhusus sosialisasi ke masyarakat di seluruh kelurahan kota Makassar.” Ujar Nur Amin Saleh melalui via telepon.

Nur Amin Saleh beranggapan bahwa sosialisasi bantuan hukum untuk masyarakat tidak mampu masih sangat perlu di maksimalkan, mengingat masih sangat tingginya tingkat ketidaktahuan masyarakat terhadap keberadaan UU No.16 tahun 2011.

“Masih sangat banyak masyarakat kurang mampu yang tidak mengetahui keberadaan OBH di Sulawesi Selatan, padahal hakekatnya kehadiran OBH itu sangat membantu masyarakat, apalagi yang tengah tersandung dengan masalah hukum.”  Pungkasnya..

(Sapma PP)

loading...
loading...