Home / EKOBIS / Terima Kloter 34 UPG, Ketua KPHI Nilai Layanan Haji Meningkat

Terima Kloter 34 UPG, Ketua KPHI Nilai Layanan Haji Meningkat

MAKASSAR–  Ketua Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) Samidin Nasir menilai secara umum penyelenggaraan ibadah haji tahun 2018 lebih meningkat dari tahun sebelumnya.

Hal ini disampaikan saat menerima kedatangan Jamaah Haji kloter 34 Embarkasi Makassar, senin (24/9/18) di Asrama Haji Sudiang Makassar.

“Pelaksanaaan rangkaian ibadah haji insya allah lebih meningkat dari tahun yang lalu, baik dari pelayanan umum berupa akomodasi, transportasi, termasuk pelayanan katering di Mekkah, yang dulu hanya 25 kali, tahun ini alhamdulillah diberikan sebanyak 40 kali, belum lagi pelayanan-pelayan lain yang tiap tahun diupayakan ada peningkatan,” jelas Samidin.

Samidin melanjutkan, ini semuanya tidak lain adalah hasil kerja keras kita semuanya, hasil kerja keras semua stakeholder haji, dimana liding sektornya adalah kementerian agama.

“Kepada para jamaah haji, tentu ketika bapak ibu kembali ketanah air segera melaksanakan sujud syukur karena telah bisa menunaikan ibadah haji dengan aman, lancar, sah, dan insya allah memperoleh haji mabrur,”.
Selain itu, ketua KPHI yang mengaku mengawasi perjalanan haji sejak keberangkatan dari tanah air ketanah suci, selama ditanah suci, dan hingga kembali ketanah air, berpesan kepada jamaah haji agar senantiasa kemabruran hajinya dilestarikan dan dijaga, sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.
“Setelah kembali ketanah air, disamping kewajiban-kewajiban lain sebagaimana aturan yang berlaku, maka sebagai seorang muslim itu harus memahami bahwa, kemabruran kita itu harus kita lestarikan dan dijaga, bagaimana cara menjaganya, tentu kita menyesuaikan petunjuk Rasulullah SAW, diantaranya kata Rasulullah, orang yang hajinya mabrur itu tanda-tandanya adalah yang pertama setelah kembali ketanah air, ia peduli dengan lingkungan, peduli terhadap masyarakat sekitar yang kurang mampu. Yang kedua, menebar kedamaian, tidak menggunakan kata-kata kotor, fitnah, hoax, bertutur kata yang baik, sopan, sehingga dengan demikian dalam kehidupan ini insya allah kemabruran akan selalu terjaga, disamping kita menunaikan ibadah yang lebih baik”. Ungkapnya.
Kloter 34 UPG yang mendarat dibandara Sultan Hasanuddin senin (24/9/18) pukul 19.54 Wita, merupakan gabungan dari daerah Kabupaten Jeneponto, Pangkep, dan Kota Makassar, dengan jumlah keseluruhan 450 orang. Hingga kloter 34, Jamaah haji yang telah kembali melalui Debarkasi Makassar berjumlah 15.397 orang. (arf)

loading...