Terkait dugaan suntik Vaksin DT Murid SD IKIP berujung operasi, ini jawaban Kepala Puskesmas Kassi-kassi

oleh -561 views

IMG_20160317_183039Makassar–  Seperti pemberitaan yang di lansir baru baru ini akan dugaan Murid SD IKIP Makassar yang di duga terinfeksi kareana suntik Vaksi Vaksin Difteri Tetanus (DT), Bulan Oktober 2015 lalu, yang membuat anak tersebut harus mendapat operasi di  RS. Wahidin Sudiro Husodo.

Kèpala Puskesmas Kassi kàssi dr. Hj.Maryarti yañg di temui indotimnews di Kantor Dinas Kesehatan Makassar, kamis (17/3) mengatakan, pihak puskesmas sudah melakukan tindakan yang seauai denganstandard operating procedure ( SOP),  karena dari beberapa anak yang disuntik Vaksin DT belum pernah ada yang mengàlami hal atau musibah, seperti yang dialami anak Aipda Pol. Dany.

“Ada beberapa hàl yang bisa menyebakan ànak bisa mengalami infeksi di akibatkan karena kerentangan atàu kondisi fisik anak tersebut sangat rendah,” kata dr. Maryati.

sementara itu Kepala Puskesmas Kassi-kassi mengaku  sudah ber koordinasi dengan pihak keluarga dengan melakukan kunjungan di rumah sakit untuk melihat perkembangan kondisi ànak tersebut.

“Orang tua (ibu) anak ini mengaku  memang kondisi fisik anaknya memang lemah. Jika vaksin hidup yang melemah masuk kedàlam tubuh anak sehingga aksi kumanya masuk, sehingga vaksin anak tersebut tidak berjalan karena ketahanan fisik anakini lemah,” papar Kepala  Puskesmas Kassi-kassi.

Lanjut dr. Maryati, gejala atau efek yang di timbulkan imunisasi ketika vaksin itu tidak berjalan dengan baik maka akan menimbulkan pembengkakan ,merah merah pada kulit dan bahakan bisa menyebabkan penderitanya  dan berujung kematian.

“Kita ada tim yang disebut Komisi Penanggulangan Daerah (KOMDA)  yang menangani pasien yang sudah di imunisasi dan mengalami hal yang tak diinginkan,” cetusnya.

Sebelum menutup perbincangannya, dr. Maryati menjelaskan, jika  sudah melakukan pengobatan dan kemudian petugas  memberi rujukan di pertemukan dengan Komda Kejadian Ikutan
Pasca Imunisasì (KIPI).

Laporan A.Gusthi

Editor: Zulkifli

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.