Tiga Nama Mengerucut Calon Kapolri Pengganti BG

oleh -158 views

20150213_12_37_09Indotimnews.com– Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) batal melantik Komjen Budi Gunawan (BG). Nama Irwasum Mabes Polri Komjen Dwi Priyatno disebut yang bakal disetorkan Jokowi ke DPR sebagai pengganti Budi Gunawan.

Komisioner Kompolnas Hamidah mengatakan, dari 5 calon Kapolri pengganti Komjen Budi Gunawan, kini tinggal mengerucut kepada 3 nama yaitu Irwasum Komjen Dwi Priyatno, Wakapolri Komjen Badrodin Haiti, dan Kepala BNN Komjen Anang Iskandar.

“Rabu lalu, kami memang sudah menyerahkan nama-nama calon Kapolri melalui Pak ketua ke Mensesneg. Ketiga nama tersebut memang termasuk petinggi Polri paling senior angkatan 1982 dibandingkan yang lainnya setelah Pak Sutarman,” ujar Hamidah ketika dihubungi merdeka.com, Jumat (13/1).

Lanjut Hamidah, ketiganya diakui memang sangat layak menjabat sebagai Kapolri. Hal tersebut diperkuat dalam jejak karier ketiganya yang pernah menjabat sebagai Kapolda.

“Pak Dwi sudah menjadi dua Kapolda. Begitu juga dengan Pak Badrodin dan Pak Anang, melihat ketiganya peluangnya sama-sama besar. Pertimbangan kami iya seperti itu mereka sama-sama bintang 3 dan sudah sangat senior,” jelasnya.

Mengenai dua nama lainnya yaitu, Komjen Budi Waseso dan Komjen Suhardi Alius, Hamidah menuturkan, keduanya memiliki peluang yang sangat tipis.

“Saya belum bisa bilang Pak Budi dan Pak Suhardi tersingkir. Yang jelas Pak Budi (Waseso) itu kan angkatan 1984 masih lama kariernya untuk menjabat sebagai Kapolri, begitu pula dengan Pak Suhardi. Namun semua kembali kepada Pak Presiden karena itu hak prerogatif beliau,” tandasnya.

(Merdeka.com)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.