Home / HUKRIM / Tilang ETLE Resmi Diberlakukan di Kota Makassar
Kapolda Sulsel Melaunching Tilang ELTE

Tilang ETLE Resmi Diberlakukan di Kota Makassar

MAKASSAR– Pihak Direktorat Lalulintas hari ini, Rabu (26/12), melaunching tilang Penindakan pelanggaran lalu lintas dengan bukti elektronik ata free su CCTV (Etle Elektronik Traffic Law Enforcement), di Mapolrestabes Makassar.

Tilang Kamera ini resmi di launching oleh Kapolda Sulsel, Irjen Pol. Umar Septono didampingi Direktur Lalu Lintas Polda Sulsel, Kombes Pol Agus Wijayanto.

Dalam kegiatan ini, nampak pula Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol Adnas, Wali Kota Makassar, Ir Ramdhan Pomanto, seluruh PJU Polda Sulsel, Kasat Lantas jajaran Polda Sulsel serta beberapa tamu undangan lainnya.

Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol Agus Wijayanto mengatakan bahwa penindakan dengan Tilang Kamera guna penegakan hukum tilang lalukintas dengan mengikuti perkembangan tekhnologi.

“Angka pelanggaran lalu lintas di Kota Makassar cukup meningkat dan keterbatasan anggota di lapangan, sehingga peran teknologi harus lebih jauh terlibat salah satunya melalui penegakan hukum lalu lintas dengan elektronik (rekaman eletronik/kamera),” ucap Agus Wijayanto,.

Dengan dasar studi dan penelitian telah membuktikan penegakan hukum lalu lintas dioerkukan dengan sistem elektronik (electronic traffic law enforcement).

“Tilang ini mampu menekan secara signifikan jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalulintas serta membangkitkan sektor-sektor pembangunan lainnya,” terang Dirlantas.

Diketahuu, Pengendara yang melanggar dan terekam kamera akan dilakukan penilangan dengan terlebih dahulu rekamannya di capture petugas jaga.

“Apabila menebus tilang tersebut, petugas akan memblokir STNK kendaraan pelanggar dan mengirimkan informasi pemblokiran disertai dengan bukti pelanggaran dan kode BRIVA untuk pembayaran denda dan blokir akan dibuka setelah membayar,” kilahnya.

Penindakan tilang ETLE ini, diprioritaskan kepada pengendara yang tidak menggunakan helm, boncengan lebih dari satu, pelanggaran traffic light, pelanggaran rambu lalu lintas dan pelanggaran marka jalan.

“Harapannya dengan tilang kamera ini, Ketidaktertiban lalulintas (semrawut), kemacetan, kecelakaan lalu lintas dapat di minimalisir,” tutupnya. (*)

loading...