Tingkatkan pelayanan, ini penjelasan pengurusan SIM online di Satlantas Polrestabes Makassar

oleh -624 views

images(5)Makassar– Dalam peningkatan pelayanan prima Ditlantas Polda Sulsel dan Satlantas Polrestabes Makassar dalam mengawal perkembangan tehnologi dalam lingkup kepolisian, saat ini pembuatan SIM sudah menggunakan sistem online.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar, Kompol Dwi Santoso Kamis (17/9) menjelaskan, Satlantas kian mempermudah dalam proses pembuatan maupun perpanjangan SIM tersebut dengan mengikuti mekanisme yang sudah ditetapkan.

” UntukPermohonan SIM baru wajib memiliki KTP Kota Makassar dan tak bisa bermohon di daerah lain,” ucap Kasat Lantas Polrestabes Makassar.

Drikatakan, saat ini untuk perpanjangan SIM hanya bisa dilakukan di 45 Satpas yang sudah menggunakan sistem online. Misalnya SIM Makassar akan diperpanjang di daerah manapun (yang masuk dalam Satpas), bisa dilakukan.

“Kedepan apabila seluruh Satpas sudah dilakukan migrasi data maka perpanjangan SIM dapat dilakukan di mana saja atau seluruh Satpas di negeri ini,” lanjut Kompol Dwi Santoso

Sementara untuk masa perpanjangan SIM, kata kasat lantas, masi diberi toleransi 3 bulan dari tanggal kadaluarsa (matinya) SIM. Dan itu masih bisa diperpanjang.

“Apabila ketentuan batas waktu SIM mati lebih dari 3 bulan, pemohon harus membuat SIM baru,” tutur Kasat Lantas Polrestabes Makassar.

Bagaimana kalau perpanjangan SIM tanpa melalui ujian teori dan praktek?

Menurut kententuan yang ada, kalau perpanjangan SIM tak melalui ujian, tinggal membayar kewajiban dan akan menjadi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) serta diregistrasi dan dilihat kondisi kesehatannya. (Zulkifli)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.