Tips Kilapkan Batu Permata/Akik Dengan Cepat

oleh -859 views

images(1)Indotimnews.com– Bagaimana cara mengkilapkan batu akik, batu cincin, dan batu Mulia serta batu permata dengan bambu kering secara mudah? Perlu diketahui saat ini sedang musim demam batu akik di seluruh Indonesia. Jika di telusuri lebih dalam bahwa kehebohan batu akik tersebut terdongkrak dari banyaknya pameran-pameran tentang batu akik di kota-kota besar sehingga harganya menjadi semakin naik tinggi serta hal-hal lain yang mempengaruhi harga batu akik menjadi naik tinggi seperti artis, pejabat yang juga memakai batu akik, berita di media, semakin banyaknya pemburu batu akik dan lain sebagainya.

Cara mengkilapkan batu akik yang tergores maupun yang sudah kusam dan yang baru di bikin namun belum tahap finishing:

Cara tradisional
Kali ini kami akan share tentang tips dan teknik cara praktis mengkilapkan batu akik, cincin, Mulia hingga batu permata dengan bambu kering secara mudah? Sebenarnya teknik ini sangatlah sederhana karena selain alatnya yang mudah didapatkan yaitu bambu yang sudah kering, juga cara menggosoknya tidak perlu teknik khusus.
Caranya adalah siapkan dahulu bambu kering (nanti yang di gosokan adalah bagian kulit bambunya), baik berukuran besar maupun kecil yang penting adalah kedua bagian benda ini antara kulit bambu kering dan batu akik bisa saling bergesekan/bergosokkan. Silahkan gosok-gosokan secara berulang ulang batu akik anda dan kemudian di cuci di air hingga hasilnya mengkilap memuaskan. Kenapa harus kulit bambu? Karena kulit bambu mempunyai lapian kulit yang halus dan bersifat tahan terhadap gesekan dari benda lain dan juga sifatnya tidak keras/lemah sehingga ini bisa membuat batu akik anda menjadi mengkilap jika digosokan. Jika sudah di gosokkan silahkan cuci batu akik anda pada air bersih, dan kemudian lihat hasilnya. Kami harap batu akik anda menjadi mengkilap dan kinclong.

Perbedaan batu akik asli dan palsu:
Cara membedakannya adalah jika batu akik palsu/tiruan yang terbuat dari kaca maupun plastik, jika di gosokkan pada kulit bambu akan rusak lapisannya, namun jika batu akik yang asli akan semakin mengkilap.

Macam-macam batu akik, batu cincin, permata, mulia yang harganya termahal hingga termurah yang bisa di bikin mengkilap dengan bambu adalah batu badar besi (banyak dijumpai di Kebumen), batu Lukulo, batu kali maya, batu Ginggang, batu Kecubung Wulung, batu Giok, batu combong, batu tapak jalak, batu pirus, batu bacan dan lain sebagainya.

Batu akik jenis apa yang termahal harganya? Jawabannya adalah ini tidak bisa dipatikan antara batu jenis mana yang termahal karena pencari dan pemilik batu akik adalah kategori dari hobi/kesenangan dan kepuasan. Bisa saja sebuah akik bacan dihargai puluhan juta rupiah, ratusan juta hingga 1 Milyar atau lebih. Namun biasanya semakin banyak orang mencari dan semakin langka barangnya biasanya harganya semakin mahal. Ini berlaku hukum permintaan.

Manfaat batu akik adalah untuk cindera mata, untuk batu cincin, koleksi hiasan dan lain sebagainya. Adakah batu akik yang bertuah dan bisa di isi untuk jimat kesaktian? Jika kita berfikir dengan akal sehat tentu jawabannya tidak ada, semua murni untuk cindera mata, batu cincin, koleksi hiasan dan lain sebagainya.

Ciri-ciri batu akik yang asli:
Gosoklah batu akik anda dengan kulit bambu kering, kemudian cuci pada air hingga bersih. Jika batu akik yang asli hasilnya akan semakin mengkilap.
Selain menggunakan kulit bambu kering untuk mengkilapkan batu akik, anda juga bisa menggunakan daun pisang yang sudah kering serta abu rokok. Caranya pun sama dengan yang diata tadi.

Cara Modern
Ada juga cara mengkilapkan batu akik permata menggunakan teknologi yang udah modern yaitu menggunakan mesin poles/pengamplas khusus batu akik. Ini sangat bagus digunakan karena pekerjaan untuk mengkilapkan batu akik menjadi lebih cepat dan praktis.
Demikianlah artikel cara mengkilapkan batu akik, batu cincin, batu permata dan batu mulia.

Sumber: http://www.candrafani.com/

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.