Home / Indotimnews / Tolak pembentukan Densus Tipikor, ini alasan Pemuda Mahammadiyah!

Tolak pembentukan Densus Tipikor, ini alasan Pemuda Mahammadiyah!

Indotimnews– Ketua Umum Pemuda Muhamadiyah mengapresiasi niat polri untuk membentuk Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) guna membantu kinerja KPK di daerah-daerah.

“Namun, bila Densus Tipikor dibuat sebagai upaya untuk menegasikan KPK bahkan diduga sebagai upaya sistematik melemahkan dan mempreteli fungsi KPK, agaknya hal ini perlu ditolak,” ujar Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak dalam siaran persnya, Rabu (18/10).

Dia menjelaskan, sebenarnya saat ini Polri sudah memiliki satuan khusus yang menangani korupsi. Hanya saja dia menilai satuan tersebut tak bekerja maksimal untuk menangani kasus korupsi yang melibatkan pejabat negara.

“Pendirian Densus Tipikor bak menyediakan sapu yang diduga diragukan kebersihannya justru akan menyebar kotoran kemana-mana namun, seolah melakukan pembersihan,” jelasnya.

Dahnil juga mejelaskan, KPK selalu mendapat perlawanan balik dan keras bila menangani kasus korupsi yang diduga melibatkan anggota kepolisian. Bahkan ada “ketertakutan” pimpinan KPK bila menangani kasus yang melibatkan kepolisian, karena akan mendapat perlawanan balik yang keras.

“KPK saja kelabakan, apalagi bila Densus Tipikor yang dibentuk polisi, hampir mustahil mau menangani kasus korupsi yang melibatkan pihak kepolisian itu sendiri,” tandasnya. (*/Dng/swamedium.com)

loading...