Tulis Anggota Dewan Tolol di Facebook, Seorang Wanita di Makassar Dijerat UU ITE

oleh -379 views

Indotimnews – Berawal ketika seorang anggota DPRD Jeneponto, Sudriman Sijaya bersama massanya pada Maret lalu yang bermaksud membongkar secara paksa rumah orang tua Yusniar di Jalan Sultan Alauddin Makassar dan sempat mendapat perlawanan dari kubu Yusniar.

Karena diduga kesal, Yusniar mencurahkanya di akun facebooknya dan menulis “Alhamdulillah selesai juga masalah anggota dewan tolol, pengacara tolol mau nabela orang bersalah, nyata-nyata tananya ortuku pergi ko ganggui ko” tulis terdakwa. Demikian dijelaskan Hakim saat siding perdana dugaan pencemaran nama baik dengan terdakwa Yusniar, di Makassar Rabu kemarin.

Dalam siding perdana tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar Amelia, menduga Yusniar telah melanggar UU ITE pasal 45 ayat 1 dan pasal 27 ayat 3 dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun.

Kuasa Hukum terdakwa, Azis Dumpa menganggap, dakwaan Jaksa tidak benar, pasalnya, meskipun kontekstual tulisan atau status kliennya mengarah pada UU ITE, namun tidak bias dijerat karena tidak menyebutkan nama Sudirman Sijaya secara Gamblang.

Lanjutnya, Objek perkara atau orang yang dianggap dicemarkan nama baiknya tidak jelas. Dan siap membela terdakwa dengan menggunakan UU Perlidungan Hak Perempuan, tegasnya seusai sidang.

ARP/RS

loading...
loading...