Home / ADVERTORIAL / UMI Kembali Raih Peringkat Pertama Penerima Dana Penelitian dalam lingkup Kopertis Wil IX Sulawesi

UMI Kembali Raih Peringkat Pertama Penerima Dana Penelitian dalam lingkup Kopertis Wil IX Sulawesi

MAKASSAR– Alhamdulillah, Universitas Muslim Indonesia (UMI), kembali meraih peringkat pertama dilingkup PTN/PTS se Kopertis Wil. IX Sulawesi sebagai PTS yang mendapatkan dana Dikti dalam berbagai SKIM tertinggi dengan jumlah kurang lebih Rp.6 Miliar.

Hal ini disampaikan Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar, MA diruangannya Menara UMI Lt.9 (13/3).

“Saya mengutip pernyataan Koordinator Kopertis Wil.IX Sulawesi Prof Dr. Jasruddin, MSi,” jelasnya.

Sulawesi, Prof Dr Jasruddin, mengatakan, hal ini dihadapan ratusan Pimpinan Perguruan tinggi lingkup  Kopertis IX Sulawesi di acara penandatangan perjanjian pendanaan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, di Aula Kopertis IX Sulawesi, Selasa (13/3/2018)

Di tempat terpisah, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembanfan SDM UMI, Prof. Dr. H. Hambali Thalib SH, MH., mengatakan alhamdulillah keberhasilan mempertahankan posisi peringkat pertama di bidang penelitian dosen dengan dana DP2M Dikti hasil upaya maksimal dosen-dosen peneliti UMI dan berbagai program memotivasi teman-teman dosen untuk meneliti. Penelitian di UMI masuk kategori penelitian Utama.

Guru Besar Fakultas Hukum UMI ini menambahkan, bahwa dana penelitian untuk tahun 2018 untuk pembiayaan 65 judul propoal dengan tujuh skim yaitu Penelitian Terapan Unggulan PT dengan 29 judul, Penelitian Dasar Unggulan PT, 14 judul, Penelitian Tim Pasca Sarjana, 1 judul, Penelitian Disertasi Doktor 6 judul, Penelitian Strategis Nasional Institusi 13 judul, Penelitian Berbasis Kompetenai 1 judul dan Penelitian Pasca Doktor 1 judul.

Sementara itu, Koordinator Kopertis IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin, mengatakan dalam sambutannya mengatakan sekitar 6000-an dosen PTS lingkup Kopertis IX Sulawesi, yang aktif melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat masih  sangat sedikit, kira-kira baru sepertinganya.

“Artinya masih ada ribuan lebih dosen di Kopertis IX ini  yang perlu didorong untuk aktif melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat,”tandasnya.

Walaupun dalam tiga tahun terakhir ini baik jumlah dosen yang aktif penelitian maupun perguruan tinggi yang terlibat perkembangannya sudah sangat menggembirakan.

“Data yang diperoleh tiga tahun terakhir, dimulai 2015, dosen yang aktif melakukan penelitian baru 808 orang, meningkat tahun 2016 menjadi 924 dosen, dan meningkat lagi tahun 2017 menjadi 1.364 dosen,” ujarnya.

Sementara perguruan tinggi  yang terlibat dalam kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, tahun 2015 baru sekitar 55 perguruan tinggi, tahun 2016 sebanyak 77 perguruan tingggi.

Tahun 2017 sudah 102 perguruan tinggi lingkup kopertis IX Sulawesi yang aktif mengikuti penelitian dan pengabdian pada masyarakat. (*)

loading...