Home / EKOBIS / Unjuk Rasa Aliansi Masyarakat Desa Berutallasa Gugat Dugaan Penyalahgunaan Dana ADD di Desanya

Unjuk Rasa Aliansi Masyarakat Desa Berutallasa Gugat Dugaan Penyalahgunaan Dana ADD di Desanya

GOWA– Puluhan warga Desa Berutallasa, Kecamatan Biring Bulu, Ka upaten Gowa, Sulsel, menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Gowa, Selasa (29/5/18).

Warga ini menuntut Kepala Desanya, Hasan basri terkait penggunaan anggarkan dana ADD, sebesar Rp.1,6 Milyar.

Anggaran yang di berikan kepada setiap desa di peruntungkan dalam prosesi pembangunan, terdapat 8 tujuan ADD yang tengah jadi ketimpangan di desa mereka.

“Jika disimpulkan secara umum ADD bertujuan peningkatan aspek pembangunan hak prasarana fisik maupun non fisik dalam rangka mendorong tingkat partisipasi masyarakat untuk pemberdayaan dan perbaikan taraf hidupnya , asas dan prinsip pengelolaan ADD yaitu transparan, akuntabel, dan partisipatif, tapi itu tidak terjadi di Desa BBeritallas,” ucap koordinator aksi Wawan Bolong.

Sedangkan yang terjadi di Desa Berutallasa, tambahnya, diduga terjadi penyelewengan anggaran, serta kegiatan fiktif, berupa pembangunan infrastruktur seperti flat duiker dengan alokasi anggaran Rp. 56 juta, pembangunan MCK atau wc umum sebanyak 14 unit dengan alokasi anggara Rp. 180 jt, pembangunan jembatan sabodan salari sebesar Rp. 87 jt.

“Program ini di anggap tidak di jalankan dan bukan hanya prgram ini masi banyak lagi program yang masi belum terlaksana hasil inisiasi prpgram tanpa melalui musrembang,” tegas Wawan.

Ini tuntutan pengunjung rasq
1. TANGKAP DAN ADILI KEPALA DESA BERUTALLASA
2. MEMINTA KEPADA INSPEKTORAT UNTUK SEGERA MENG AUDIT PENGGUNAAN DANA DESA DAN ADD TAHUN 2015-2017 YANG DI DUGA KERAS MELAKUKAN PENYELEWENGAN DAN MANIPULASI LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN DANA DESA DAN ADD
3. MEMINTA KEPADA KEJAKSAAN UNTUK SEGERA MENGUSUT TUNTAS DUGAAN TINDAK PIDANA KORUPSI YANG DI LAKUKAN KEPALA DESA BERUTALLASA. (*)

​​​​​​
JENDLAP
WAWAN BOLONG
Cp: 085298597022

loading...