Home / DAERAH / Unjuk Rasa Mahasiswa Maluku: “Selamatkan Lingkungan Hidup Maluku Dan Tolak Perampasan Ruang Hidup Masyarakat Adat Maluku”

Unjuk Rasa Mahasiswa Maluku: “Selamatkan Lingkungan Hidup Maluku Dan Tolak Perampasan Ruang Hidup Masyarakat Adat Maluku”

MAKASSAR– Sekutar 80 mahasiswa asal Maluku  yang tergabung dalam Aliansi SMM (Solidaritas Mahasiswa Makassar). Yang di dalamnya terdapat Organisasi Daerah( Organda ) se-Provinsi MALUKU melakukan aksi demonstrasi dalam merospon Problematika yang terjadi di Maluku dalam hal Perampasan Ruang Hidup Masyarakat Maluku khususnya Masyaramat Seram.

Adapun Grand issue”Selamatkan Lingkungan Hidup Maluku Dan Tolak Perampasan Ruang Hidup Masyarakat Adat Maluku”.

Massa aksi berkumpul didepan Mesjid Agung 45 Jl. Urip Sumohardjo dan menggelar longmars  menuju titik aksi Fly Over dihiasi yanyian perjuangan dipekikkan sepanjang perjalanan, Kamis (8/11).

Dalam orasi ilmiahnya, Kordonator Aksi Lapangan, Rosal Wailissa dalam mengatakan bahwa Rezim Gubernur Provinsi Maluku dalam beberapa minggu belakang ini, membiarakan investor asing untuk merampas lahan lahan warga.

“Padahal lahan laham warga itu termasuk hutan adat tetapi beliau( gebernur maluku) melepas hutan adat menjadi hutan produksi yang akan menyembakan kerusakan hutan dan ancaman masa depan bagi penduduk Pribumi dan Masyarakat lokal khususnya di pulau seram,” tegasnya.

Koordinator lapangan juga menegaskan dalam orasinya, Kalau problem ini terus di biarkan akan membawa ancaman besar bagi masyarakat adat untuk mendapatkan kehidupan yang layak dan akan membawa dampak kerusakan ekosistem pulau seram.

Kordinator Lapangan Menegaskan kepada seluru massa aksi kalua pemerintah Provinsi Maluku tidak merospon tuntutan mereka.

“Kta akan melakukan Aksi demonstrasi selanjutnya dengan massa aksi yang lebih besar dan banyak dari sekarang,” ancam Rosal.

Adapun tuntutan massa aksi ALIANSI SMM( Solidaritas Mahasiswa Maluku antara lain:

1. SELAMATKAN LINGKUNGAN HIDUP MALUKU.

2. TOLAK PERAMPASAN RUANG HIDUP MASYARAKATA ADAT MALUKU. (*)

loading...