Home / EKOBIS / Unjuk Rasa SPN dan Elemen Aktivis: PT. Surya Enterpretasi Gaji Buruhnya hanya Rp.875 Ribu

Unjuk Rasa SPN dan Elemen Aktivis: PT. Surya Enterpretasi Gaji Buruhnya hanya Rp.875 Ribu

MAKASSAR– SPN bersama elemen mahasiswa aksi di depan kantor perusahaan PT. Surya Enterpretasi di jalan Muhammadiyah Makassar, Jumat (30/11).

Pengunjuk rasa menuntut di pekerjakannya kembali sekitar 30 buruh yang di berhentikan kerja.

Kordinator lapangan Fajar Hidayat Asbar mengatakan, sebelumnya buruh yang bekerja sebagai sopir, kenek, dan buruh angkut barang ekspedisi di perusahaan tersebut mempertanyakan gaji mereka yang terbilang sangat rendah yaitu sekitar Rp. 875,000,- perbulannya.

” Sedangkan UMK Makassar sendiri Rp. 2,700,000,- Hal tersebut membuktikan bahwa pihak perusahaan menyalahi aturan perundang-undangan dimana diatur di dalam pasal 90 jo. 185 Undang-undang no. 13 Tahun 2003 tentang Upah Minimum.
Buruh juga mengatakan bahwa pihak perusahaan mengintimidasi setiap buruh yang terlibat dalam pembentukan serikat pekerja,” tambahnya.

Dikatakan Ini kemudian terindikasi adanya oknum yang mencoba melakukan Pemberangusan Serikat di PT. Surya Interprestasi, dimana di ketahui bahwa serikat pekerja memiliki landasan yang kuat sebagaimana tercantum di pasal 28 jo. Pasal 43 UU No. 21 Tahun 2000.

Fajar Hidayat Asbar menambahkan sangat kecewa dengan keputusan pihak perusahaan yang sama sekali tidak punya etikat baik terkait tuntutan pekerja.

Dia juga mengatakan akan mengkonsolidasikan persoalan tersebut dengan serikat buruh dan organisasi kemahasiswaan lainnya. dan dalam orasinya, mengatakan dengan tegas jika pihak perusahaan tersebut tidak mengindahkan persoalan tersebut maka perusahaan tersebut seharusnya di tutup. (*)

loading...