Upacara Pedang Pura TNI AL oleh Pama Lantamal VI, sita perhatian warga Bone

oleh -525 views

Indotimnews– Upacara pedang pura oleh Perwira Pertama (Pama) Lantamal VI untuk pernikahan Lettu Laut (P) Rezki Haris P. Pasaribu S.TR.Han dengan Andi Eka Jumiarti Oktaviani S.H. di Gedung masjid agung AL Ma’rif Watampone Kabupaten Bone Sabtu (10/12), cukup menyita perhatian pengunjung yang hadir.

Sambil memotret menggunakan Kamera ponsel, Pengunjung sangat antusias sambil berdesakan menyaksikan upacara ini, mereka kebanyakan penasaran ingin melihat upacara tradisi leluhur Angkatan Laut Seluruh Dunia Tersebut Dari dekat. bahkan Ada yang baru Pertama kali melihat upacara Pedang Pura.

Andi Tenri salah satu pengunjung yang hadir mengatakan Seru bisa melihat langsung upacara Pedang Pura untuk pertama kalinya. “Ingin ka juga rasanya menikah dengan prosesi seperti itu, Pedang Pora bisa jadi sebuah kebanggan yang begitu diidam-idamkan Wanita” Ungkapnya tersipu dengan logat bugis Bone .

Pedang Pura Kali ini dipimpin Asisten Operasi (Asops) Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Anang Nurjatmiko di dampingi Ny, Anang, sementara yang bertindak selaku Komandan Tim Pedang Pura Lettu Laut (PM) M.Husni

Pedang Pura atau Gapura Pedang adalah tradisi pernikahan bagi perwira militer Angkatan Laut di seluruh Dunia yang yang merupakan simbol agung dari sebuah peristiwa bersatunya dua hati dalam sebuah janji sejati yang dnamakan Mahligai perniikahan antara perwira TNI AL dengan istri tercinta yang akan diawali dengan melewati lorong pedang berbentuk gapura untuk mengucap IKRAR WIRA SATYA

Pedang Pora dilaksanakan hanya untuk lulusan Perwira, dengan catatan hanya dilaksanakan sekali saja seumur hidup (jika menjadi duda & menikah lagi, maka tidak dilaksanakan Pedang Pora).

Turut Hadir pada upacara Pedang Pura Asintel Danlantamal VI Kolonel Laut (T) Harlius Bachtiar S.AP , Dandenma Armatim Letkol Laut (P) M. Junaidi. (Syahrul)

loading...
loading...