Home / EKOBIS / Wabup Gowa Serahkan LKPJ 2017 ke DPRD

Wabup Gowa Serahkan LKPJ 2017 ke DPRD

GOWA– Pemerintah Kabupaten Gowa menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun 2017 kepada Ketua DPRD pada saat Rapat Paripurna, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kab Gowa, Senin (2/4/2018).

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni yang menyerahkan langsung LKPJ tersebut mengatakan Pemkab Gowa secara umum telah menunjukkan capaian kinerja yang baik dan berhasil mencapai target-target yang tertuang di dalam arah kebijakan umum berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah, serta merupakan pertanggungjawaban Bupati untuk tahun kedua pada periode RPJMD 2016-2021.

“Apa yang kita serahkan ini sebagai bentuk penjabaran dari visi, misi seperti yang tercantum pada RPJMD kabupaten Gowa 2016-2021 yang juga merupakan tugas dan kewajiban kami dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Gowa,” ujarnya dihadapan para peserta Rapat Paripurna.

lebih jauh ia membeberkan, Bidang Pendidikan yang menjadi prioritas pembangunan mengantarkan Kabupaten Gowa sebagai Kabupaten pendidikan terdepan di Sulawesi Selatan.

“Kami telah menciptakan berbagai program inovativ dalam bidang pendidikan, sehingga hasilnya kita mendapatkan beberapa penghargaan seperti Wow Public Service Exelent sebagai kategori pelayan prima dibidang pendidikan dari lembaga manajemen dan pemasaran Markplus Inc, Sebagai Pemrakarsa Kampung Literasi dari Gubernur Sulsel dan masih ada tujuh pengharagaan besar lainnya pada bidang ini, bahkan dari hasil survei JSI baru-baru ini terbukti 94,6 persen masyarakat Gowa menganggap Bupati Gowa sukses menangani dan melanjutkan masalah pendidikan, serta 99,5 persen masyarakat Gowa mendukung hal tersebut,”jelas Karaeng Kio–Sapaan Akrabnya.

Selain itu, prioritas pembangunan juga terdapat pada bidang kesehatan salah satunya menjadikan 24 puskesmas sebagai perawatan rawat inap, meningkatkan aktreditasi puskesmas oleh tim Nasional yang saat ini mencapai 13 puskesmas.
“Peningkatan sarana, prasarana dan akreditasi ini murni upaya nyata Pemkab Gowa untuk lebih mendekatkan layanan kesehatan ke masyarakat dan pastinya menghadirkan layanan yang lebih berkualitas lagi,” tambahnya.

Tak hanya itu, pada bidang Infrastruktur, Lingkungan Hidup, Perhubungan, Ketahanan Pangan, Koperasi dan UMKM, Pemerintahan Umum, juga berjalan signifikan pada tahun 2017 sehingga mengantarkan Kabupaten Gowa menjadi seperti sekarang ini.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Gowa, Ansar Zaenal Bate yang menjadi Ketua Sidang Paripurna mengungkapkan, dokumen tersebut adalah hal penting untuk dibahas segera karena terkait hasil-hasil pelaksanaan pemerintahan yang dilakukan Bupati Gowa bersama Wakil Bupati Gowa dalam masa satu tahun anggaran.
“Insha Allah Ranperda LKPj ini sudah masuk ke dewan dan akan dilanjut dengan pembentukan panitia khusus kemudian dilakukan pembahasan dalam sidang-sidang komisi bersama eksekutif,” ujarnya.

Rapat Paripurna ini diikuti 35 dari 45 Anggota DPRD Kabupaten Gowa, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, dan Pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa.

Laporan Fandi

loading...