Home / DAERAH / Wabup Gowa Tanam Pohon Di Waduk Tunggu Pampang

Wabup Gowa Tanam Pohon Di Waduk Tunggu Pampang

Makassar – Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, melakukan penanaman pohon di Waduk Tunggu Pampang dalam rangka menyambut Hari Bakti PU ke-73 Tahun, Rabu (28/11/2018).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ). Turut pula hadir melakukan penanaman pohon, Wakil Gubernur Prov Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Jajaran Forkopimda Prov Sulsel, serta jajaran SKPD Prov Sulsel.

Kepala BBWSPJ, T Iskandar, mengatakan bahwa alasan di gelarnya kegiatan ini tiada lain untuk mengajak kita semua seluruh komponen baik pemerintah, masyarakat dan swasta disekitar kanal dan saluran untuk dapat menumbuhkan kebersamaan, menjaga fungsi saluran kanal.

“Kami ingin menumbuhkan peran dan fungsi dari komponen stake holder yang terkait untuk dapat mengelola lingkungan, memelihara sarana dan prasarana berupa kanal, saluran, yang sangat penting fungsinya dalam pengendalian banjir di kota Makassar, dan Kabupaten Gowa,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa, penanaman pohon disaluran kanal dan sekitar waduk ini bertujuan untuk melakukan aksi peduli lingkungan, memberikan ruang hijau di jalur-jalur sepanjang pinggiran kanal.

“Jadi hari ini kita akan melakukan penanaman 1000 pohon yang terdiri dari, 220 pohon Ketapang Kencana, 125 pohon Betti, 100 pohon mahoni, 125 Jati putih pohon, 125 pohon Sewon, 125 pohon trembesi, 10 pohon cempaka dan 100 pohon mangga,” kata T Iskandar.

Diakhir sambutannya, dia berharap agar peran pemerintah kota Makassar, pemerintah Kab Gowa serta masyarakat untuk lebih dapat membantu terwujudnya kanal dan saluran yang bersih, sehingga tetap terjaga fungsinya seperti yang direncanakan.

Sementara Wakil Gubernur Prov Sulsel, Sudirman Sulaiman mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini, menurutnya ini sangat penting dilakukan untuk mengem alikan fungsi dari waduk itu sendiri.

“Kita akan membentuk tim kecil untuk merumuskan permasalahan-permasalahan saluran-saluran irigasi di wilayah Kota Makassar dan Kab Gowa, yang sering terkena banjir saat musim penghujan tiba,” tuturnya.

Tak hanya itu, dia juga mengatakan, jika pihak pemprov akan senantiasa melakukan sesuatu asalkan sesuai dengan anggaran dan tidak melanggar prosedur.

“Kalau kita kerjakan sekarang mungkin beberapa kilo saja, kedepannya nanti akan ada yang lanjutkan, paling tidak ada yang telah kita kerjakan untuk.kepentingan masyarakat,” tambah Wagub Sulsel. (Fandi)

loading...