Home / Indotimnews / Wah, Ketua PMI Sulsel Dapat Penghargaan dari UNHCR

Wah, Ketua PMI Sulsel Dapat Penghargaan dari UNHCR

Indotimnews– Ketua palang merah Indonesia Sulsel, H Ichsan Yasin Limpo diundang oleh UNHCR untuk menghadiri hari pengungsi sedunia yang jatuh pada tanggal 25 Juli mendatang. Undangan tersebut dibenarkan oleh Sekretaris PMI Sulsel Lutfi Qadir.

“Undangan dialamatkan ke sekretariat PMI Sulsel, selain menghadiri undangan badan PBB yang mengurusi para pengungsi ini, rencananya UNHCR juga akan memberikan penghargaan kepada ketua PMI Sulsel atas dedikasinya terhadap kemanusiaan di Sulsel,”jelas Lutfi.

Menurut Lutfi penghargaan yang diberikan oleh lembaga PBB ini berstandar internasional, sebelumnya memang tambahnya, PMI Sulsel atas instruksi dari Ketua PMI Ichsan Yasin Limpo sudah dua kali melakukan pelatihan terhadap puluhan pengungsi yang ada di Makassar, para pengungsi tersebut diberikan bekal keterampilan sebelum masuk ke dunia ke tiga yang akan menerimanya sebagai warganegara.

“PMI Sulsel pernah melakukan pelatihan untuk pengungsi di Makassar dan Bali, kami bekerja sama dengan PMI Bali untuk melakukan pelatihan, tujuannya agar para pengungsi sebelum dikirim ke negara tujuan memiliki keterampilan agar dapat menjadi bekal untuk bekerja di sana. Semua itu atas instruksi dari ketua PMI Sulsel,”tambahnya.

Tak hanya itu, Ichsan juga berperan penting dalam pemulangan TKI bernama Amir warga Kabupaten Bantaeng yang terpisah dengan keluarganya selama belasan tahun. Setelah bekerja keras selama beberapa waktu, pihak PMI Sulsel berhasil mempertemukan Amir dengan keluarganya di Kabupaten Bantaeng.

Puncak acara hari pengungsi sedunia ini akan diadakan di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue jalan prof Dr Satrio 11 Karet Kuningan Setiabudi Jakarta Selatan 25 Juli mendatang. “Saya sudah menyerahkan undangan dari UNHCR itu kepada Ketua PMI, dan beliau berencana akan menghadiri undangan tersebut,”kunci Lutfi. (Rilis)

loading...