Wakapolda Jabar Beri Kuliah umum di UNIGAL Ciamis

oleh -79 views

CIAMIS– Di Gedung Auditorium Universitas Galuh Jl. R. E Martadinata, Ciamis, telah dilaksanakan kegiatan Kuliah Umum bertema “Kebangsaan, Antisipasi Hoax dan Cara Mahasiswa/Mahasiswi dalam Menyikapi Pesta Demokrasi Pemilu 2019”.

Nara Sumber kegiatan ini, Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus,S.I.K.,M.Si.,M.M., dan dengan penanggung jawab kegiatan Sdr. Dr. H. Yat Rospia Brata,Drs.,M.Si (Rektor Universitas Galuh Ciamis), pada Kamis (14/03/2019).

Adapun yang hadir dalam giat tersebut I.k 500 Orang, ialah sbb : BRIGJEN Pol. Dr. Akhmad Wiyagus,S.I.K.,M.Si.,M.M (Wakapolda Jabar) beserta rombongan, AKBP Bismo Teguh Prakoso,S.H.,S.I.K.,M.H (Kapolres Ciamis), Sdr. Dr. H. Yat Rospia Brata,Drs.,M.Si (Rektor Universitas Galuh Ciamis), Sdr. H. Otong Husni Taufik,S. I.p.,M.S.I (Ketua Yayasan Unigal Ciamis), Para Dekan Universitas Galuh Ciamis, Para Dosen Universitas Galuh Ciamis, Ketua Prodi Universitas Galuh Ciamis, Unsur Pembina Yayasan Pendidikan Galuh, Unsur Pengawas Yayasan Pendidikan Galuh, dan Unsur Pengurus Yayasan Pendidikan Galuh, Serta Para Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Galuh Ciamis.

Sambutan dari Rektor Unigal Ciamis Dr. H. Yat Rospia Brata, Drs. M.Si. yang intinya mengucapkan selamat datang kepada Bapak Wakapolda Jabar di Universitas Galuh Ciamis, dirinya berharap bahwa pemaparan kuliah umum ini bisa mencerahkan para Mahasiswa/Mahasiswi yang ada di universitas Galuh Ciamis, terutama di momen Pilkada ini sehingga dapat menciptakan Pemilu damai, aman dan sejuk.

Penyampaian Wakapolda Jabar BRIGJEN Pol. Dr. Akhmad Wiyagus,S.I.K.,M.Si.,M.M, juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor dan ketua Yayasan Universitas Galuh Ciamis yang telah mengundangnya menjadi narasumber dalam acara Kuliah umum di Universitas ini.

“Kepada rekan-rekan Mahasiswa harus bersyukur dan memanfaatkan betul dalam mencari ilmu di Universitas Galuh Ciamis. Kondisi keberagaman yang ada di Indonesia, dimana setiap kelompok mempunyai potensi terjadinya konflik, namun untuk mengantisipasi terjadinya konflik maka haruslah diperkecil perbedaan kepentingan dan diperbesar Common Interest,” jelasnya.

Tentang peran mahasiswa dalam menjaga Persatuan menurut Wakapolda Jabar, dengan menjadi Generasi Patuh Hukum, Agent Of Change dan menjadi Generasi Pembelajar serta jangan mudah percaya tentang isu-isu / Hoax yang dapat memecah belah Persatuan Bangsa yang mana situasi saat ini menghadapi Pemilu 2019.

Masih kata Waka Polda Jabar, Mahasiswa harus menjadi tonggak dalam menjaga keutuhan Negara di tengah situasi Bangsa saat ini. Apalagi dalam menghadapi pemilihan Pileg Pilpres 2019 di Jawa Barat.

“Mahasiswa diminta jangan terpengaruh media sosial yang berpotensi provokasi memecah belah Bangsa Indonesia. Mahasiswa sebagai agen perubahan harus menjadi elemen terdepan dalam menjaga ideologi Negara dari rongrongan yang merusak Kebhinekaan, bahwa peran mahasiswa dalam era reformasi tanpa batas sehingga harus menjaga kondusifitas melalui media sosial,” Ujar Waka Polda Jabar.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Wakapolda Jabar ke Universitas-Universitas diwilayah Hukum Polda Jabar dalam menyikapi Pesta Demokrasi Pemilu 2019.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pengamanan terbuka maupun tertutup sebanyak 25 Personil Polres Ciamis yang dipimpin oleh KOMPOL Sumari,SH, Kabag Ops Polres Ciamis. (IS)