Home / EKOBIS / Wakil Bupati Gowa Buka Workshop SIMDA Keuangan Berbasis Akrual

Wakil Bupati Gowa Buka Workshop SIMDA Keuangan Berbasis Akrual

Indotimnews– Dalam Rangka mewujudkan penyajian laporan keuangan yang sehat, efektif dan akuntabel, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Gowa mengadakan Workshop Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan Berbasis Akrual Tingkat Kabupaten Gowa sulsel.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 162 peserta yang berasal dari masing-masing SKPD Lingkup Pemkab Gowa, yang akan berlangsung selama 5 hari ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Gowa, H Abdul Rauf Malaganni, di Hotel Remcy Makassar, Senin (9/10/2017).

Kepala BPKD Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania mengatakan, adapun maksud dan tujuan diadakannya Workshop SIMDA ini adalah upaya untuk menyamakan persepsi kita dalam penatausahaan keuangan daerah terhadap pemberlakuan peraturan perundang-undangan dibidang pengelolaan keuangan.

“Workshop ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya aparatur baik pejabat pengelola keuangan, penyusun laporan keuangan, pengurus barang serta bendahara pengeluaran,” kata Abdul Karim Dania dihadapan peserta workshop.

Sementara, Wabup Gowa mengatakan,
manajemen keuangan berbasis akrual merupakan salah satu ciri dari praktik manajemen keuangan modern (sektor publik) yang bertujuan untuk memberikan informasi yang lebih transparan mengenai biaya, pemerintah dan meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dengan menggunakan informasi yang diperluas, tidak sekedar basis kas saja.

“Hal inilah sehingga pemerintah daerah dituntut untuk mengelola pemerintahannya secara lebih baik dengan menyajikan strategis penataan manajemen keuangan yang dalam penggunaan anggarannya harus dilaksanakan secara sehat, efisien, efektif, transparan, akuntabel dan auditabel yang ditunjang oleh fungsi pengawasan baik dari unsur internal maupun secara umum dari unsur legislatif,” jelasnya.

Diakhir sambutannya, Abdul Rauf berpesan kepada seluruh peserta agar kiranya dapat mengikuti workshop ini dengan sungguh-sungguh sehingga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya demi kemajuan Kabupaten Gowa yang kita cintai.

Laporan Fandi

loading...