Home / Indotimnews / Wakil Rektor 1 UMI bawakan orasi ilmiah di STKIP Muhammadiyah Bone

Wakil Rektor 1 UMI bawakan orasi ilmiah di STKIP Muhammadiyah Bone

Makassar– Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik Prof Dr H Syahnur Said MS membawakan orasi ilmiah dengan tema ekonomi dan pendidikan pada wisuda aarajana angkatan XXXII STKIP Muhammadiyah Bone, belum lama ini.

Dihadapan para wisudawan dan tamu undangan, syahnur said mengatakan bahwa pembangunan suatu negara memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas yang dihasilkan dari proses pendidikan yang baik dan bermutu. Pendidikan berlangsung sepanjang masa dan seumur hidup manusia karena itu secara hakiki pembangunan pendidikan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam upaya pembangunan manusia untuk mewujudkan kesejahteraan manusia

“Seiring dengan perkembangan peradaban manusia dalam tuntutan modernisasi dan globalisasi pendidikan yang bermutu merupakan suatu kebutuhan yang semakin penting agar mereka survive dalam persaingan yang semakin ketat. Kebutuhan akan pentingnya pendidikan yang bermutu telah disejajarkan dengan kebutuhan primer lainnya seperti sandang, pangan dan papan.Tanpa pendidikan yang bermutu, mereka akan tetap tertinggal dan berada dalam strata sosial paling bawah,” ujar guru besar Fak.Ekonomi UMI ini.

Alumni fak.Ekonomi UMI ini menambahkan pendidikan dapat melahirkan sumber daya yang berkualitas jika tidak maka sektor ini juga akan menjadi penyumbang pada terjadinya pengangguran.

“Ada tiga model perencanaan dibidang pendidikan dikaitkan dengan kemanfaatannya 1) Pendidikan direncanakan atas dasar social demand approach, 2) model perencanaan pendidikan dengan economic return approach, 3) perencanaan pendidikan employmemt generation approach,” terangnya. (*)

loading...