Walikota Laporkan Hasil Kunjungan di Hongkong

oleh -389 views

images(200)-1-1Makassar– Wali kota Makassar Danny Pomanto memaparkan pertanggung jawaban terkait hasil kunjungannya di Hongkong beberapa hari lalu.

“Banyak undangan ke luar negeri, tapi kita hanya pilih Hongkong karena selain waktu kegiatan tidak lama, juga karena ini merupakan pencanangan pertama future city di dunia”, papar Danny di Ruang Pola, Balaikota Makassar, Senin, (20/10/2014), sesaat sebelum menyaksikan pelantikan presiden yang ditonton di layar besar di ruang pola.

Kegiatan yang ini dirangkaikan dengan nonton bareng Pelantikan Pesiden dan Wakil Presiden RI ini mengundang puluhan awak media dan juga menghadirkan seluruh jajaran SKPD Pemkot Makassar.

Hal ini menurut Danny merupakan kepercayaan dunia yang cukup besar kepada Makassar dan menjadi jalan mewujudkan kota dunia.

Kegiatan ini diikuti 14 negara termasuk Makassar yang merupakan satu-satunya kota yang mewakili Indonesia.

Lebih jauh pertemuan ini menurut Danny merupakan pertemuan kota-kota terkemuka di dunia membahas sistem keamanan kota berbasis Georafic Intelegent Sistem (GIS).

Sistem inilah nanti yang akan digunakan memantau kriminalitas yang terjadi di Makassar.

“Sistem ini dipakai di Seattle, Amerika memantau geng motor. Kita diperlihatkan bagaimana setelah ada laporan intelejen kemudian melakukan square mapping diintegrasikan dengan kamera CCTV dan langsung terlacak lokasi, weapon tracking (senjata yang digunakan) dan pembicaraan mereka secara real time”, ucapnya.

Jadi kata Danny, sistem ini langsung bisa mengindentifikasi jika ada gerombolan pengendara motor, jenis senjata yang beredar di lokasi itu hingga penduduk sekitar mulai dari anak-anak, perempuan, Lansia sehingga memudahkan untuk segera dilakukan pengamanan dan proses evakuasi.

Bahkan jika ada teroris membawa bom sudah langsung bisa diidentifikasi jenis bom dan kekuatan dan radius ledaknya.

November mendatang tim CO Sisco Cicago akan mekakukan survei di Makassar memastikan titik yang tepat dan sesuai untuk pemasangan CCTV keamanan kota dan segala infrastruktur yang dibutuhkan sebagai follow up dari pertemuan di Hongkong.

Danny menghadiri kegiatan Future Cities Asia yang berlangsung 13-15 Oktober ini juga bersama Kaporestabes Makassar, Kombes Pol Fery Abraham yang juga diundang secara terpisah.(sak/cundin)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.