Warga di Himbau Untuk Beli Hewan Qurban Yang Miliki Stiker di Tanduk

oleh -279 views

images(32)-1-1Makassar– Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Peternakan dan Pertanian (DKP3)  Makassar, Rahman Bando menghimbau kepada masyarakat yang akan berqurban tahun ini,  agar tidak membeli hewan qurban yang tidak memiliki Stiker di bagian tanduknya.

“Saya himbau kepada masyarakat untuk tidak membeli hewan ternak yang tidak berstriker dari kami (DKP3), stiker itu ada pada tanduk ternak” kata Rahman, di Balai Benih Ikan (BBI), Jl. Dg. Tata 3,   Kamis, (25/9/2014)

Menurutnya, striker itu merupakan bukti  hewan  ternak sudah melalui proses pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan sehat. Selain itu, pembeli ternak juga akan diberikan kartu bukti pemeriksaan hewan tersebut.

“Selain Stiker, ada juga surat keterangan pemeriksaan kesehatan hewan qurban 2014,” terangnya.

Di stiker itu, lanjutnya, terdapat nomor hasil pemeriksaan yang sama dengan surat keterangan yang dipegang pemilik hewan.Olehnya itu, DKP3 Makassar akan mulai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban mulai H-8 hingga H+3 nanti.

“Kita mulai lakukan pemeriksaan memang mendekat hari raya, mengingat jika dilakukan sebulan sebelumnya, dikhawatirkan hewan itu masih sempat terjangkit penyakit,” ungkapnya.

Tim itu, tuturnya, terdiri dari dokter hewan dan paramedis hewan yang akan bergerak mobile guna melakukan pemeriksaan ternak. “Namun, masyarakat juga bisa meminta langsung ke DKP3 untuk melakukan pemeriksaan ternak dengan menghubungi nomor 082347927807” tuturnya.

Pemeriksaan dilakukan dengan pengambilan sampel darah hewan qurban dan akan diteliti di laboratorium milik DKP3 Makassar.

“Tim ini terdiri dari tim pemeriksa dan tim pelapor,” ungkapnya.Terkait harga, tambahnya, akan berlaku sesuai harga pasar, Pemerintah dalam hal ini DKP3 tidak berkewenangan melakukan intervensi,” tambahnya.

Di mana, hewan yang beredar di Makassar diakuinya disuplai dari luar Makassar, seperti kab Gowa , Takalar, Jeneponto, Sinjai, Bulukumba, bahkan, dari luar Sulsel. (Isk)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.